Tips dan Trik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan, Apa Saja?

Mabuk perjalanan tentu sangat mengganggu. Berikut cara  mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan.

Selengkapnya

Saat bepergian menggunakan bus, kereta, mobil, pesawat, ataupun kapal laut tak jarang muncul rasa mual, pusing, tubuh lemas, serta perut kembung yang dikenal dengan kondisi mabuk perjalanan. Biasanya mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh anak-anak yang usianya 5-12 tahun, wanita dengan kondisi hamil, dan orang yang sudah lanjut usia. Cari tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi mabuk perjalanan berikut ini.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan disebabkan karena otak tidak mampu mengolah sinyal dari beberapa anggota tubuh dengan baik. Ketika dalam perjalanan, mata bisa melihat ke berbagai arah. Sementara telinga bagian dalam dan berisi cairan yang mampu mengatur keseimbangan tubuh bisa merasakan gerakan saat kendaraan sedang berjalan. Sinyal-sinyal tersebut dikirim ke otak dan tidak bisa memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda tersebut. Akibatnya sistem kerja otak cenderung lebih kacau dan memicu kondisi mabuk perjalanan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sebelum Berpergian Makan Terlebih Dulu

Perut kosong menjadi salah satu pemicu kamu mabuk perjalanan. Saat perut dalam keadaan kosong, asam lambung akan naik ke atas dan memicu rasa mual. Kondisi ini juga diperparah jika kamu memiliki riwayat masalah lambung seperti maag. Baiknya konsumsilah makanan 1-1,5 jam sebelum melakukan perjalanan. Jangan konsumsi makanan yang pedas, sangat berminyak, dan minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut bisa menambah pusing dan mual di perjalanan.

Saat sedang dalam perjalanan, di sarankan kamu untuk mengonsumsi makanan ringan setiap beberapa jam agar perut tidak kosong. Konsumsilah makanan rendah lemak dan asam. Dengan ngemil secukupnya membuat kamu bisa lebih bersantai. Rasa haus yang dirasakan saat di perjalanan juga jangan dibiarkan. Baiknya konsumsi air putih atau minuman segar, seperti jus jeruk. Selama perjalanan jangan konsumsi minuman alkohol.

Saat Perjalanan Hindari Membaca Buku dan Bermain Gadget

Mungkin kamu berpikir jika dengan membaca buku atau bermain gadget ketika sedang dalam perjalanan bisa membantu mengurangi mabuk perjalanan. Padahal perlu dipahami, dua aktivitas tersebut hanya akan membuat otak, telinga, dan mata tidak bisa sinkron menerima informasi dan meningkatkan risiko pusing dan mual. Baiknya waktu yang ada digunakan untuk istirahat agar tubuh bisa kembali segar saat sampai di perjalanan.

Memakai Aromaterapi

Memakai aromaterapi juga menjadi salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan. Saat hendak berpergian tidak ada salahnya kamu membawa aromaterapi. Benda ini bisa diandalkan bila aroma parfum mobil yang dipakai tidak sesuai dengan kamu atau kamu tidak terbiasa dengan AC di mobil. Aromaterapi bisa membuat kamu lebih rileks sehingga pusing dan rasa mual bisa dikurangi.

Pilih Tempat Duduk yang Sedikit Memberikan Goncangan

Cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan juga, yakni dengan memilih tempat duduk yang sedikit memberikan goncangan. Bila menaiki kereta api atau kapal laut hindari tempat yang bisa memicu mengeluarkan bau tertentu, misalnya ruang mesin atau kafetaria.

Selain itu, jika duduk di kereta, pilih tempat duduk di sebelah jendela yang menghadap ke depan. Hindari duduk berlawanan dari arah perjalanan kamu ya. Duduk di kapal laut baiknya juga duduk di atas kapal, cari kabin dengan ketinggian dekat tengah kapal. Sementara jika menaiki mobil, pilih duduk di bagian depan, jika di pesawat duduk di kursi bagian tengah pesawat.

Cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan juga adalah dengan mengonsumsi Tolak Angin. Tolak Angin sudah dikenal sebagai obat herbal yang mampu menambah daya tahan tubuh, menghindari mabuk perjalanan, mengobati sakit perut, meringankan batuk-batuk dan rasa tenggorokan gatal. Di dalam Tolak Angin sendiri memiliki kandungan berbagai tanaman herbal seperti adas, daun mint, jahe, madu, dan daun cengkeh.

Kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin Anak di toko obat terdekat dan segera peroleh informasi menarik lainnya seputar ciri-ciri kondisi tubuh yang sedang turun hingga tips menjaga kesehatan, hanya di website resmi Tolak Angin www.tolakangin.co.id sekarang juga.