Sering Masuk Angin Saat Musim Hujan? Ketahui Cara Mencegahnya Terlebih Dahulu!

Masuk angin saat musim hujan sering sekali dialami oleh banyak orang. Ketahui dulu cara mencegah masuk angin berikut ini.

Selengkapnya

Saat musim hujan ada beberapa masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh sebagian orang. Faktor karena seringnya kurang tidur atau istirahat, begadang, lembur di kantor, kehujanan, terpapar udara dingin, kurang menjaga asupan makanan membuat siapa saja mudah sekali mengalami drop, salah satunya karena mengalami masuk angin saat musim hujan. Di Indonesia memang sudah familiar dengan istilah masuk angin. Namun di dunia medis sendiri tidak ada istilah seperti ini.

Masuk angin merupakan kondisi banyaknya gas yang berasal dari udara dingin yang tidak merata secara menyeluruh di dalam tubuh. Masuk angin sebenarnya terjadi karena faktor stres pikiran, terlambat makan, dan fisik yang lelah.

Gabungan dari kondisi ketiga hal tersebut membentuk gas berlebihan pada usus dan lambung sehingga terasa penuh di usus dan menimbulkan gejala-gejala masuk angin. Gejala dari masuk angin, yakni kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering.

Cara Cegah Masuk Angin Saat Musim Hujan

Ada beberapa tips cegah masuk angin saat musim hujan yang perlu dilakukan di bawah ini:

1. Cukupi kebutuhan tidur 7-8 jam sehari
2. Memperoleh vaksinasi flu
3. Hindari menggunakan alat makan bersama-sama dengan orang lain
4. Hindari menyentuh wajah, khususnya bagian mata, hidung, dan mulut
5. Hindari minuman beralkohol
6. Kenakan penutup kepala untuk melindunginya dari terpaan air hujan, angin, dan udara dingin
7. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur
8. Membersihkan tubuh dengan air hangat
9. Perbanyak konsumsi air putih setiap hari
10. Secara rutin melakukan olahraga
11. Selalu bersihkan tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan, menggunakan kendaraan umum, bermain dengan binatang, setelah menggunakan toilet, berinteraksi dengan orang yang sakit

Meski terlihat bukan masalah kesehatan yang serius, masuk angin saat musim hujan tidak boleh dianggap sepele.

Untuk mencegah masuk angin, kamu juga bisa mengonsumsi Tolak Angin dengan mengonsumsinya saat tubuh sedang merasa kecapekan, kurang tidur, sebelum melakukan aktivitas yang padat atau perjalanan jauh. Tolak Angin dibuat dari kandungan berbagai tanaman herbal seperti adas, daun mint, jahe, madu, dan daun cengkeh.

Di pasaran, Tolak Angin tersedia dalam beberapa varian, yakni Tolak Angin Bebas Gula untuk mengatasi masuk angin bagi orang yang mengurangi konsumsi gula dan tidak suka manis, Tolak Angin Flu yang bisa membantu mengatasi flu dan gejala-gejalanya, Tolak Angin Anak, Tolak Angin Care yang merupakan minyak angin aromaterapi berbentuk roll on dengan aroma yang menyegarkan, Permen Tolak Angin permen herbal, dan Permen Tolak Angin Bebas Gula (bagi orang yang mengurangi konsumsi gula) yang sama-sama bisa melegakan tenggorokan.

Produk tadi bisa kamu dapatkan di berbagai toko obat dan minimarket terdekat. Dapatkan informasi menarik mengenai kesehatan serta varian produk Tolak Angin di https://tolakangin.co.id.