teknis rahasia foto kontes

5 Tips Foto Kontes yang Perlu Diketahui Agar Bisa Menang

2020-02-07 17:27:46 NOP

Bagi kamu yang gemar dengan dunia fotografi, adanya kontes foto bisa menjadi ajang unjuk gigi kemampuan teknik memfoto yang selama ini sudah dimiliki. Coba kamu search saja di internet foto kontes sesuai tahun sekarang, pasti akan selalu ada pihak yang menyelenggarakannya dan memberikan hadiah beragam mulai dari uang tunai, gadget, hingga paket liburan ke destinasi tertentu sebagai bagian dari apresiasi. 

Tapi tentunya untuk mengikuti lomba foto tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus bersaing dengan banyak fotografer lain untuk bisa menjadi pemenangnya. Agar bisa menjadi juara, ada tips foto kontes yang perlu diperhatikan. Teknis rahasia foto kontes, bukan hanya urusan pencahayaan atau exposure dan komposisi foto yang tepat. Masih ada tips foto kontes yang bisa diikuti. Yuk, cari tahu lebih banyak!

Baca dengan Teliti Aturan yang Berlaku

Tips foto kontes yang pertama adalah dengan memperhatikan syarat dan aturan yang diberlakukan oleh pihak penyelenggara. Jangan hanya baca sekali tapi pastikan semua syarat dan ketentuan dalam lomba foto tersebut sudah kamu pahami.

Bila perlu, jika kamu sudah mengambil fotonya, bisa baca ulang syarat dan aturannya agar tidak ada yang tertinggal.

Cari Tahu Siapa Juri dan Pihak Penyelenggara Kontes Foto

Untuk memenangkan perlombaan fotografi, kamu perlu juga mencari tahu siapa juri yang akan memberikan penilaian bagi karya kamu. Hal ini karena lomba fotografi sendiri penilaiannya cukup subyektif.

Jadi coba lakukan riset terlebih dahulu, siapa jurinya, bagaimana selera dan karakter fotonya, apa latar belakang karir, pendidikan, dan prestasi yang pernah diraih.  Kamu juga bisa cek media sosial juri tersebut untuk mengetahui hasil bidikannya. Tips foto kontes juga perlu memperhatikan caption foto yang berguna sebagai pendukung. Buatlah caption yang jelas, singkat, dan penuh makna.

Cek juga penyelenggara kontes fotonya. Penyelenggara ini yang memiliki kepentingan ingin dipakai untuk apa foto-foto yang dipilih dalam lomba. Contohnya, pihak penyelenggara adalah perusahaan properti, sudah pasti hasil foto lomba akan digunakan untuk kegiatan marketing mereka.

Perhatikan juga situs resmi dan media sosial mereka agar bisa mengetahui selera perusahan dan menyesuaikan foto dengan pihak penyelenggara.

Buat Rencana Foto dan Menentukan Alat Pengambilan Foto

Ada baiknya sebelum kamu benar-benar mengambil foto, cobalah untuk datang ke lokasi pengambilan foto terlebih dulu untuk membantu menentukan angle yang tepat dan alat apa yang kamu perlukan untuk menghasilkan foto yang baik.  Misalnya, lokasi kontes foto cenderung sempit, berarti kamu memerlukan lensa wide dan sebagainya.

Angle Tidak Pasaran dan Unik

Tips foto kontes yang bisa membuat karya kamu dilirik oleh juri adalah mengambil foto dengan angle yang tidak mainstream atau pasaran. Cara ini bisa menjadi nilai plus untuk kamu di mata juri.  Sudah pasti orang yang menjadi juri dalam kontes foto sudah banyak pengalaman memotret dengan berbagai objek dan lokasi.

Bila kamu lebih mengeksplor lokasi dan objek dengan maksimal, maka kamu bisa mendapat angle yang unik untuk karya kamu. Gunakanlah kreativitas untuk mendapatkan foto yang unik.

Terdapat Pesan yang Impactful di Dalam Foto dan Minta Pendapat Orang Lain

Foto bukan hanya sekadar indah dan sesuai dengan aturan segitiga eksposure. Teknis rahasia foto kontes yang tidak diperhatikan orang adalah membuat foto yang mengandung makna tersirat dari objek yang diambil dan impactful.

Maksud dari impactful ini berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan pada foto. Apakah foto tersebut bisa berdampak kuat atau tidak. Kamu harus juga menentukan siapa penikmat foto tersebut, sehingga bisa menentukan bagaimana pesan akan disajikan dan mudah dipahami.

Setelah membuat foto terbaik versi kamu, baiknya minta pendapat dari kerabat atau orang yang mengerti tentang fotografi dan berani jujur untuk memberikan penilaian. Tak jarang kita sudah merasa foto yang kita hasilkan sudah bagus. Padahal asumsi itu belum tentu benar. Saran dari orang tersebut bisa membantu kamu bisa lebih objektif dan meminimalisir kekurangan yang ada di foto.

Terakhir, tips foto kontes yang perlu dilakukan adalah yakinlah pada kemampuan diri sendiri. Percaya diri di sini yang secukupnya saja jangan berlebihan. Selain itu, setelah kamu mengirimkan foto yang kamu kirim pihak penyelenggara, pasrahkan semuanya. Jangan sampai lupa berdoa untuk diberikan hasil yang terbaik.

Jika kamu sedang mencari kontes foto untuk menambah prestasi kamu, bisa ikuti kontes Polin Liburan ke Jepang Bareng Tolak Angin. Kamu diminta untuk membuat kreasi foto atau video ‘Momen Polin Pake Tolak Angin’ dengan tema “Jepang” dan mencantumkan pada caption, destinasi atau hal apa yang ingin kamu coba kunjungi atau lakukan di Jepang.

Akan ada 1 pemenang dan berhak mengajak 1 orang pendamping yang memenuhi kriteria peserta. Pemenang akan mendapatkan tiket pulang pergi ke Jepang dan akomodasi. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut terkait kuis Polin Liburan ke Jepang Bareng Tolak Angin, silakan kunjungi bit.ly/TolakAnginPolinLiburanKeJepang.

Latest News