Motion Sickness atau Mabuk Gerak

Mabuk gerak adalah perasaan yang didapat ketika gerakan yang dirasakan di dalam telinga kamu berbeda dengan apa yang kamu lihat.

Selengkapnya

Apa itu mabuk gerak?

Mabuk gerak adalah perasaan yang didapat ketika gerakan yang dirasakan di dalam telinga kamu berbeda dengan apa yang kamu lihat. Kondisi ini umum terjadi pada orang-orang yang bepergian menggunakan mobil, kereta, pesawat atau kapal. Mabuk gerak memiliki gejala beragam mulai dari perasaan nggak nyaman hingga berkeringat dan pusing. Kemudian jika nggak diatasi, akan berlanjut ke rasa mual hingga muntah.

Siapa saja yang bisa mabuk gerak?
Walaupun wanita hamil dan anak-anak lebih mudah terserang mabuk gerak, hampir semua orang yang sedang bepergian memiliki resiko untuk terserang mabuk gerak. Jika kamu bepergian menggunakan mode transportasi laut, mabuk laut jika bisa dikategorikan sebagai mabuk gerak. Selain itu ternyata rasa takut atau khawatir akan traveling atau moda transportasi yang digunakan juga bisa membuat kamu mabuk. Beberapa orang juga mengalami mabuk karena ventilasi yang buruk dalam kendaraan atau karena kamu nggak bisa melihat jendela untuk membantu orientasi kamu.

Apa penyebab mabuk gerak?
Mabuk gerak disebabkan oleh beragam sinyal-sinyal yang dikirimkan ke otak oleh mata dan bagian dalam telinga (semicircular canal). Jika kamu nggak bisa melihat gerakan yang dirasakan oleh badan kamu, atau sebaliknya jika kamu nggak bisa merasakan gerakan yang dilihat mata kamu, otak akan mendapatkan sinyal-sinyal yang nggak konsisten dan akan membuat kamu merasakan gejala awal mabuk gerak.

Apa saja tanda-tanda dan gejala-gejala mabuk gerak?
Biasanya dimulai dari perasaan nggak nyaman kemudian diikuti dengan keringat dingin dan perasaan pusing. Sebagian orang mungkin mengalami pucat pada kulit dan produksi air ludah yang bertambah disertai rasa sakit pada kepala dan pegal-pegal. Mual dan muntah-muntah biasanya terjadi pada tahap akhir atau setelah gejala-gejala awal terjadi.

Apa perawatan yang harus dilakukan untuk mabuk gerak?
Perawatan untuk mabuk gerak biasanya meliputi perawatan medis, perubahan atau pergantian lingkungan (misalnya duduk dekat jendela jika berada di mobil) dan sebagian orang memilih pengobatan herbal seperti Tolak Angin Sido Muncul yang berkhasiat membantumu mengurangi rasa mual akibat mabuk perjalanan, pusing dan masuk angin. Selain itu teknik-teknik relaksasi diklaim juga bisa membantu mengatasi mabuk gerak.

Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Jangan lupa tips untuk perawatannya ya.