Minuman Kesehatan yang Bermanfaat untuk Pencernaan

Pencernaan adalah system metabolisme tubuh yang amat penting, hingga ada istilah “kamu adalah apa yang kamu makan”

Selengkapnya

Pencernaan adalah system metabolisme tubuh yang amat penting, hingga ada istilah “kamu adalah apa yang kamu makan”. Perut kembung, sembelit, atau mulas merupakan jenis permasalahan pencernaan yang pernah dirasakan hampir semua orang. Beberapa masalah pencernaan yang sering diderita sebagian besar orang antara lain :

  • Mulas, biasanya disebabkan oleh asam lambung tumpah ke esofagus (kerongkongan/pipa makanan) dan mengiritasi lapisan yang tak terlindungi dari esofagus. Kondisi mulas ini biasanya terjadi setelah mengonsumsi makanan pedas, makanan goreng, dan makanan cepat saji.
  • Perut Kembung : Mengkonsumsi makanan danminuman yang mengandung gas seperti kol, brokoli dan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan terjadinya perut kembung atau ketidaknyamanan perut.
  • Rasa Sembelit : ini bisa berarti adalah suatu kondisi di mana pengeluaran feses atautinja jarang terjadi (kurang dari tiga kali dalam seminggu) sehingga menyebabkan tinja keras, kecil, dan sulit dikeluarkan. Hal ini dapat disebabkan kurangnya serat atau cairan dalam makanan, faktor medis, atau efek samping dari obat atau akibat dari akumulasi stresfisik dan mental.
  • Masuk angin, ini biasanya disebabkan kondisi tubuh yang sedang kelelahan akibat aktifitas yang padat. gejala yang dirasakan biasanya perut kembung dan rasa begah.

Ada beberapa cara untuk mencegah atau menanggulangi masalah pencernaan, bisa dengan mengkonsumsi minuman kesehatan, makanan yang bermanfaat hingga istirahat yang cukup. Salah satu minuman kesehatan adalah seduhan air jahe yang dapat juga dicampurmadu.Hangatnya air jahe membantu pencernaan untuk mengeluarkan gas lambung berlebihan. Air jahe juga bisa untuk mengobati masuk angin, perut akan terasa hangat setelah mengkonsumsi air jahe.