Minuman Berkhasiat Tradisional yang Baik untuk Kesehatan

Minuman tradisional memang dapat mengenakkan tubuh yang pegal-pegal. Berikut beberapa ramuan tradisional yang cocok untuk kamu:

Selengkapnya

Minuman berkhasiat merupakan minuman dengan kandungan gizi dan nutrisi tinggi yang dapat memberikan manfaat pada tubuhmu setelah mengonsumsinya. Di Indonesia, minuman berkhasiat untuk kesehatan dan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat adalah jamu. Jamu merupakan minuman tradisional yang menjadi warisan turun temurun dari generasi ke generasi.

 

Minuman jamu sudah tak diragukan lagi khasiatnya, karena terbuat dari berbagai macam bahan alami, dengan memanfaatkan bagian-bagian dari tumbuhan. Hampir semua bagian dapat digunakan, mulai dari akar pohon, daun, kulit batang pohon, hingga buahnya dimanfaatkan untuk membuat ramuan yang menyehatkan.

 

Jamu memiliki banyak varian dan manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh. Berikut ada 5 minuman berkhasiat tradisional yang baik untuk kesehatan, apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Beras Kencur

Kandungan yang terdapat di dalam beras kencur bermacam-macam, yang tentu saja baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk menyegarkan tubuh, namun bermanfaat juga untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri dan mengobati sariawan. Bahkan jamu ini dapat menghilangkan gejala masuk angin seperti capek, pegal-pegal, batuk, perut kembung serta dapat menambah stamina tubuh.

 

Kunyit Asem

Kunyit asem atau dalam Bahasa Jawa disebutnya kunir asem ini merupakan jamu yang cukup populer dikalangan wanita. Karena salah satu khasiat dari kunyit asem ini mampu meredakan nyeri yang diakibatkan dari menstruasi. Selain itu, jamu ini dapat menghaluskan kulit jika kamu rajin mengonsumsinya. Tetapi untuk ibu hamil dilarang untuk terlalu sering mengonsumsi jamu ini karena dapat membahayakan bagi kandungan.

 

Sambiloto

Sambiloto disebut juga sebagai jamu pahitan. Seperti namanya, jamu ini terbuat dari daun sambiloto yang memiliki rasa sangat pahit. Jamu ini dapat mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor, serta mampu menurunkan kolesterol dan menghilangkan bau badan.

 

Kunci Suruh

Kunci suruh terbuat dari bahan rimpang kunci, buah asam yang telah matang dan daun sirih atau yang lebih dikenal sebagai sirih. Jamu kunci suruh memiliki manfaat untuk mengobati keluhan keputihan, menghilangkan bau badan, mengecilkan lingkar perut, serta dapat menguatkan gigi. Bahan lain yang ditambahkan untuk membuat jamu kunci sirih selain menggunakan rimpang kunci, daun sirih, dan buah asam juga ditambahkan buah pinang jambe, kayu legi, beluntas, gula merah, gula pasir dan garam.

 

Cabe Puyang

Jamu cabe puyang dikenal sebagai jamu yang dapat mengatasi pegal linu. Karena dengan meminum jamu ini kamu dapat menghilangkan rasa pegal-pegal di tubuh serta dapat meredakan demam.

 

Nah itulah beberapa minuman berkhasiat tradisional yang dapat kamu buat untuk mengembalikan stamina tubuh kamu. Namun tentunya membuat jamu tradisional tersebut membutuhkan cukup banyak waktu dalam membuatnya dan hal ini akan sangat merepotkan jika kamu sedang tidak enak badan. Tentunya membuat jamu sendiri bukan merupakan solusi yang tepat.

 

Sebaiknya kamu konsumsi Tolak Angin cair yang memiliki manfaat seperti yang terdapat dalam minuman berkhasiat. Tolak Angin cair terbuat dari bahan-bahan herbal yang berkualitas tinggi yang mampu mengatasi masuk angin dengan gejala seperti mual, perut kembung, pusing dan meriang. Selain itu, dengan mengkonsumsi Tolak Angin cair dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah mabuk perjalanan, mengatasi sakit perut, meringankan tenggorokan kering dan batuk.

 

Dengan manfaat yang dimiliki oleh Tolak Angin kamu dapat menikmati minuman berkhasiat untuk kesehatan dalam satu kemasan praktis dan mudah kamu dapatkan. Kamu tidak perlu lagi ribet mencari bahan dan membuatnya sendiri, cukup sediakan Tolak Angin saset di dalam tas kamu dan konsumsilah sebelum beraktivitas.