Kenali Penyebab Tenggorokan Kering dan Cara Mengatasinya

Kenali berbagai penyebab tenggorokan kering yang mengganggu serta cara mengatasinya:

Selengkapnya

Tenggorokan yang kering bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengobatinya harus disesuaikan dengan penyebab masalahnya. Berikut ini berbagai penyebab tenggorokan kering serta tips mengatasi tenggorokan kering, seperti berikut:

Mulut Terbuka Saat Tidur

Tanpa disadari, tidur dengan mulut terbuka juga bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan kering terutama saat bangun pagi. Udara malam dapat mengeringkan air liur yang biasa membasahi mulut dan tenggorokan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengalami bau mulut. Biasanya, orang bisa tidur mendengkur karena sedang pilek dan hidung tersumbat, jika hal ini terjadi kamu dapat mencegahnya dengan meminum Tolak Angin FluĀ .

Dehidrasi

Mengatasi tenggorokan kering dapat dilakukan dengan menghindari dehidrasi. Tenggorokan kering tanpa sebab yang jelas merupakan salah satu tandanya kurang minum. Sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan yang tidak bisa memproduksi liur dalam jumlah banyak untuk membasahkan mulut dan tenggorokan.

Untuk mengatasi tenggorokan kering akibat dehidrasi, cukup minum air hingga tenggorokan terasa lebih baik. Selain itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang bisa membuat tenggorokan kering, pusing, dan lemas.

Alergi

Alergi merupakan salah satu alasan tenggorokan menjadi kering. Alergi dapat menimbulkan reaksi berbeda pada setiap orang, tetapi biasanya dapat menimbulkan rasa kering pada tenggorokan. Hal ini timbul sebagai akibat dari reaksi berlebihan yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat berbahaya.

Alergi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti alergi pada debu, polusi, asap kendaraan, cuaca terlalu dingin, bulu binatang, dan masih banyak lainnya. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menimbulkan reaksi alergi yang dimiliki, serta jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu seperti kamar, rumah, dan meja kantor.

Flu

Salah satu yang menjadikan tenggorokan kering karena flu. Hal ini terjadi saat kondisi tubuh sedang turun. Gejala yang ditimbulkan dari flu salah satunya yaitu tenggorokan menjadi gatal dan kering. Biasanya, virus akan menyerang tenggorokan saat daya tahan tubuh menurun sehingga menimbulkan flu.

Jika tidak segera diobati dapat membuat tubuh semakin lemah. Oleh sebab itu, kamu perlu segera mengatasi masalah flu terlebih dahulu dengan cara mengonsumsi obat resep dokter ataupun obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat ramuan herbal alami, dapat juga menggunakan Tolak Angin Flu yang dirancang untuk mengatasi flu dan gejala-gejalanya.

Peradangan Pita Suara

Pemakaian pita suara secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan pita suara. Ada 2 jenis peradangan pita suara yang dapat terjadi yaitu peradangan pita suara kronis yang biasanya disebabkan oleh asap rokok, mengonsumsi minuman keras, alergi, atau iritasi asam lambung. Sedangkan peradangan pita suara akut terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus.

Umumnya tenggorokan akan menjadi lebih kering daripada biasanya diikuti rasa gatal. Oleh karena itu, kamu dapat mengonsumsi Permen Tolak Angin untuk melegakan tenggorokan. Nah, itulah beberapa penyebab dari tenggorokan kering serta cara mengatasinya. Sebagian besar penyebab tenggorokan berasal dari virus dan bakteri yang menyerang. Agar hal tersebut dapat dicegah sebaiknya kamu meminum Tolak Angin Cair sebelum dan sesudah beraktivitas untuk membantu mencegah berbagai serangan dari bakteri dan virus.

Kandungan yang dimiliki Tolak Angin dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh menjadi lebih kuat sehingga dapat melawan berbagai jenis virus dan bakteri yang menyerang. Kamu juga bisa mengonsumsi permen Tolak Angin untuk melegakan tenggorokan saat kering. Selalu sediakan Tolak Angin Cair dan permen Tolak Angin di dalam tasmu ya.