Jangan Panik! Begini Cara Mudah Mengatasi Demam Pada Anak yang Bisa Dilakukan

Demam pada anak memang mudah membuat para orang tua menjadi panik. Namun, jangan panik karena saat ini kamu mengatasinya dengan beberapa cara aman berikut ini

Selengkapnya

Sebagai orang tua, melihat anak-anak dapat bermain dengan aktif merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Sehingga ketika si Kecil tiba-tiba merasa lemas, demam, dan tidak dapat beraktivitas seperti biasa akan menimbulkan rasa cemas dan panik.

Kondisi seperti ini memang dapat terjadi kapan saja, khususnya di cuaca yang lembap seperti saat ini, dimana kita sudah mulai memasuki musim penghujan. Namun sebagai orang tua, kamu tidak perlu merasa panik agar dapat segera memberikan pertolongan pertama yang tepat bagi si Kecil.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi demam pada anak? Beberapa cara ini dapat kamu coba lakukan.

Kompres Air Dingin untuk Menurunkan Suhu

Hal pertama yang perlu diketahui yakni cara mengatasi demam pada dewasa dan anak-anak tentunya sangat berbeda, karena daya tahan tubuhnya. Oleh sebab itu, anak-anak perlu mendapatkan perawatan yang berbeda juga.

Salah satu cara utama yang biasanya sering dilakukan oleh para orang tua ketika menghadapi anak yang demam adalah dengan memberikan kompres air dingin di area sekitar dahinya. Jika terlalu dingin bagi si Kecil, kamu juga bisa menggantinya dengan air bersuhu ruangan saja. Tapi, hal ini juga perlu dilakukan secara rutin, ya.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak

Cara mengatasi demam selanjutnya yang perlu kamu ketahui yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan si Kecil. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua, karena sering kali anak-anak cenderung suka malas untuk minum air ketika sedang demam. Jika dibiarkan begitu saja, tentunya hal ini mampu menyebabkan dehidrasi dalam tubuh.

Kamu tidak perlu memaksanya untuk minum air dalam jumlah banyak sekaligus, tetapi cukup ingatkan untuk minum air putih sedikit tapi sering. Selain itu, kamu juga dapat memberikannya target meminum minimal 1,5 liter air dalam sehari. Cara ini tentunya akan lebih mudah dilakukan oleh anak.

Menjaga Kebutuhan Gizi si Kecil

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya, khususnya saat mereka sedang sakit. Kamu dapat mencoba cara mengatasi demam untuk anak dengan memberikan makanan kaya akan gizi, seperti sop dengan kuah kaldu asli dari daging ayam, lengkap dengan berbagai jenis sayur-sayuran.

Saat kebutuhan gizinya terpenuhi, sistem imun dalam tubuhnya dapat kembali bekerja dengan baik untuk melawan setiap bakteri atau virus yang mengganggu. Sehingga, anak-anak akan lebih cepat pulih dari demam.

Memberikan Waktu untuk Beristirahat

Setiap anak memiliki reaksi berbeda-beda saat sedang sakit. Pada sebagian anak akan cenderung berusaha tetap aktif atau pun sebaliknya. Walaupun mereka masih memiliki sedikit tenaga untuk beraktivitas namun, ada baiknya kamu mengajaknya untuk beristirahat.

Cara mengatasi demam dengan beristirahat akan membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat terjadi. Namun, jika si Kecil tidak dapat tidur seharian, kamu dapat mengajaknya nonton bersama atau melakukan aktivitas ringan di dalam rumah.

Atasi Demam Anak dengan Obat Herbal Alami

Selain cara mengatasi demam untuk anak yang sudah disebutkan, kamu juga dapat mempercepat proses pemulihan daya tahan tubuh dengan menggunakan obat herbal alami. Berikan produk Tolak Angin Anak yang telah dipercaya oleh para orang tua sejak tahun 1951 hingga saat ini.

Kamu dapat memberikan 3 sachet Tolak Angin Anak untuk pemulihan. saat demam agar dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya lebih cepat. Namun, jikakondisinya sudah membaik , kamu dapat memberikan 1 sachet setiap harinya untuk tetap menjaga daya tahan tubuhnya.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada anak yang dapat kamu lakukan sendiri tanpa panik. Oleh sebab itu, kamu perlu selalu sediakan Tolak Angin Anak di rumah sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi berbagai gejala masuk angin yang menyerang si Kecil.