Fakta Daun Mint

Daun mint hingga saat ini masih digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti pencernaan, sebagai obat masuk angin dan juga mengatasi bau napas

Selengkapnya

Daun mint mudah didapatkan sepanjang tahun, namun paling banyak terdapat pada saat musim panas. Daun mint yang menyegarkan ini ternyata memiliki banyak kegunaan.

Selain segar dan menyehatkan, minyak daun mint juga banyak digunakan untuk produk-produk seperti pasta gigi, shampoo, obat-obatan. Daun mint dipilih untuk produk tersebut karena properti antibakterinya dan juga rasa dinginnya. Untuk memasak, irisan tangkai daun mint atau daunnya dapat ditambahkan ke dalam masakan sehingga masakan menjadi wangi, penuh rasa dan baik untuk pencernaan.

Pada awalnya daun mint digunakan sebagai herba untuk mengatasi sakit pada perut dan dada. Hingga saat ini daun mint juga masih digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti pencernaan hingga rasa panas pada perut, sebagai obat masuk angin dan juga mengatasi bau napas. Bukan hanya itu, mint juga memiliki sensasi dingin yang berguna mengatasi iritasi kulit dan mengatasi masalah pernapasan dan mengurangi rasa sakit kepala.

Menurut riset dunia medis, mint memiliki berbagai vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan. Mint kaya akan vitamin A dan C dan memiliki sedikit vitamin B2 dan mineral, termasuk kalsium, seng, tembaga dan magnesium. Walaupun mint seringkali dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, nutrisi vital di dalamnya tetap memberikan keuntungan kesehatan yang nggak bisa diremehkan.

Beberapa fakta menarik daun Mint:
1. Berasal dari Minthe, karakter dalam mitos Yunani.
2. Mint memiliki lebih dari 30 jenis varian.
3. Romawi kuno dan Yunani menggunakan mint untuk memperkaya rasa masakan, parfum, dan aksesoris mandi.
4. Bangsa Ibrani seringkali menyebar mint di lantai kuilnya karena bau harumnya.
5. Spearmint adalah mint yang umum tumbuh di kebun.
6. Orang Mexico menyebut mint dengan sebutan Yerba Bueno atau herba yang baik.
7. Tanaman mint berasal dari wilayah mediterania.
8. Mint ditemukan di makam mesir yang berasal dari tahun 1000 SM.
9. Menjadi tonik simultan dalam produk-produk Tolak Angin Sido Muncul.

Menarik ya info seputar daun mint tadi. Kalau kamu, biasanya menggunakan daun mint untuk apa saja?