Ciri-ciri Masuk Angin dan Cara Mencegahnya di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba begitu juga dengan serangan berbagai macam virus. Tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai virus yang datang karena kini saatnya kamu menjadi orangtua yang pintar.

Selengkapnya

Memasuki penghujung tahun di Indonesia selalu disambut oleh musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun, perubahan cuaca dari hari ke hari semakin tidak menentu yang menyebabkan semua orang harus waspada dalam menjaga kesehatan, khususnya Si Kecil yang rawan sakit.
Sebagai orangtua pintar kamu harus selalu siaga dalam mengawasi Si Kecil. Yuk kenali beberapa ciri masuk angin yang dapat menyerang Si Kecil.

Meriang

Salah satu ciri masuk angin saat hujan yang paling sering terjadi yaitu naiknya suhu tubuh Si Kecil. Meriang akan memberikan efek samping tubuh menjadi lemas dan tidak nafsu makan serta minum. Hal ini cukup berbahaya bagi Si Kecil jika kekurangan cairan dan asupan energi.

Kembung Disertai Mual

Berawal dari rasa tidak nyaman di bagian atas perut anak menjadikan Si Kecil menjadi kembung dan perut melilit. Dari semua rasa tidak nyaman yang dirasakan Si Kecil dapat memicu mual hingga muntah, sehingga semua makanan yang baru saja dikonsumsi dapat keluar semua tanpa dicerna. Setelah muntah Si Kecil akan kehilangan banyak energi dan cairan tubuh.

Batuk

Ciri masuk angin lainnya yang paling sering menyerang di musim hujan seperti saat ini adalah batuk berdahak.Penyakit ini berasal dari virus yang dapat ditularkan oleh penderita lain atau karena cuaca yang dingin, serta pola makan Si Kecill yang tidak terjaga.

Perut Mulas

Selain yang sudah disebutkan tadi di atas, ciri masuk angin lainnya adalah perut terasa mulas-mulas. Mulas, pada umumnya terjadi karena ukuran perut yang bertambah besar dari dalam, sehingga menekan dan mengurangi ruang bebas yang terdapat di dalam perut. Jika tidak diobati, tubuh pun akan terasa lemas, pucat, dan tidak memiliki tenaga.

Si Kecil Menjadi Rewel

Rewel yang terjadi pada Si Kecil diakibatkan karena rasa tidak nyaman yang timbul sebagai akibat ciri masuk angin yang dialami Si Kecil. Biasanya Si Kecil tidak mengerti bagaimana mengekspresikan rasa ketidaknyamanan tersebut sehingga kamu sebagai orangtua harus lebih peka terhadap kondisi seperti ini.
Apabila Si Kecil mengalami gejala seperti yang disebutkan sebaiknya kamu mulai melakukan beberapa hal berikut sebagai cara untuk mencegah ciri masuk angin yang dialami Si Kecil.

Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan sistem imun pada tubuh anak menjadi berkurang. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab seperti terlalu lelah, terkena hujan atau perubahan cuaca yang tidak bersahabat. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dari berbagai aktivitas lainnya untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh anak cepat kembali normal.

Mengkonsumsi yang Hangat

Salah satu cara mengatasi masuk angin anak yang cukup ampuh yaitu dengan memberikan sesuatu yang hangat untuk makanan dan minumannya. Kamu dapat membuatkan sup hangat tetapi jangan memberikan sembarang kuah, pastikan juga nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Selain protein yang berguna memulihkan tubuh, sensasi hangat pada sup akan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Saat ini, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika ciri masuk angin saat hujan menyerang Si Kecil karena sekarang sudah ada Tolak Angin Anak yang dapat mencegah masuk angin pada anak yang disertai dengan gejala seperti yang disebutkan tadi. Dengan mengkonsumsi Tolak Angin Anak, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar dapat segera kembali pada aktivitasnya seperti biasa. Jadi, jangan lupa selalu sedia terus Tolak Angin Anak.