Bagaimana Para Atlet Menjaga Kesehatan Mereka?

setiap atlet membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, zat besi , mineral, dan vitamin secara seimbang.

Selengkapnya

Seorang atlet atletik haruslah memiliki pola atau gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah menghindari minuman yang kurang baik untuk menjaga kesehatan tubuh seperti minuman bersoda dan selalu mengonsumsi makanan sehat dan segar setiap harinya, dan lebih baiknya minum minuman kesehatan dari bahan alami. Tujuan dari atlet yang menjaga kesehatan tubuh adalah untuk mencegah cedera yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi yang memadai. Untuk itulah, setiap atlet membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, zat besi , mineral, dan vitamin secara seimbang. Untuk menutupi masalah yang berkaitan dengan kekurangan gizi, asupan makanan memang harus diperhatikan lho, ngga boleh disepelekan. Lalu seperti apa sih sumber gizi dan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para atlet?

Baca juga: Untuk TNI yang bekerja di wilayah hutan

Kata siapa para atlet ngga butuh karbohirat? Para atlet itu justru sangat membutuhkan karbohidrat agar pasokan energi mereka terjaga dengan baik. Ngga hanya itu, jenis karbohidrat yang bisa dimakan oleh atlet juga terbatas yaitu pasta gandum, mie, spaghetti, dan ravioli. Kalaupun ingin makan nasi, nasi yang disarankan adalah nasi yang terbuat dari beras merah bukan beras putih.

Kalau ngga mau makan nasi? Bisa juga dengan makan kentang asalkan kentang yang dimakan dengan proses perebusan, pemanggangan, maupun penumbukan. Selain karbohdirat, asupan protein dari atlet juga harus diperhatikan. Beberapa jenis protein yang dapat dimakan adalah protein seperti kacang polong, ubi, dan wortel. Selain karbohidrat dan protein, vitamin juga sangat dibutuhkan oleh atlet agar memiliki fisik yang sehat.

Beberapa atlet atletik yang beraktivitas diluar ruangan pastinya akan mengalami masalah dengan kondisi cuaca. Faktor yang menyebabkan seseorang terkena masuk angin adalah kondisi tubuh yang menurun, kondisi cuaca yang buruk, dan penyebaran virus. Kalau atlet ini masuk angin, minumlah obat masuk angin yang sudah sesuai dengan standar ISO 17025. Jika membutuhkan perlindungan ekstra untuk tubuh, mengonsumsi suplemen penjaga stamina juga bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Seorang atlet haruslah pintar dalam menjaga kondisi kesehatannya supaya ngga mudah cedera dan ngga mudah sakit.