Atlet Lari? Inillah Cara Menjaga Stamina

Mulailah pada latihan lari pertama selama setengah jam. Kemudian biarkan fisik Anda beristirahat terlebih dahulu. Setelah merasa tidak terlalu lelah

Selengkapnya

Atlet lari adalah atlet yang melakukan olahraga cabang lari. Ada beberapa cabang lari yang biasa diikuti oleh atlet lari. Lari jarak dekat, lari jarak jauh, lari maraton, dan masih ada lagi cabang lari yang ada. Seorang atlet lari sendiri juga harus pandai dalam menjaga stamina. Seorang atlet lari tidak serta-merta langsung mengikuti perlombaan lari tanpa berlatih jauh-jauh hari. Dari latihan, menjadi persiapan yang matang bagi seorang atlet lari. Termasuk dalam menjaga stamina mereka agar saat hari perlombaan atau tanding diadakan, stamina yang dimiliki seorang atlet lari adalah stamina terbaik. Salah satu caranya adalah tidak lupa mengkonsumsi suplemen penjaga stamina atau minuman kesehatan dan juga obat herbal secara teratur. Di bawah ini Anda juga akan mengetahui dua cara lainnya untuk menjaga stamina sebagai seorang atlet lari.

Latihan Lari Secara Rutin

Seorang atlet lari baik hendak mengikuti perlombaan maupun tidak, diharapkan selalu melakukakn latihan lari. Merutinkan aktivitas latihan lari secara tidak langsung dapat meningkatkan stamina. Anda tidak perlu memaksakan diri dengan berlatih selama berjam-jam. Mulailah pada latihan lari pertama selama setengah jam. Kemudian biarkan fisik Anda beristirahat terlebih dahulu. Setelah merasa tidak terlalu lelah, Anda dapat meningkatkan latihan lari lagi selama empat puluh lima menit. Untuk latihan lari pertama, Anda dapat hanya berlatih dua kali dan untuk latihan lari berikutnya, tingkatkan lama latihan Anda agar fisik tidak mudah capek untuk berlari. Ada dua jenis latihan lari yang dapat Anda jadikan pilihan. Yaitu, dengan jogging ataupun lari sprint. Sebab dengan latihan jogging maupun lari sprint, fisik Anda sudah terbiasa dan lebih ringan diajak kerjasama untuk berlari.

Baca juga: Minuman kesehatan bagi anak band

Mengkonsumsi Asupan Gizi Sehat

Tanpa mengkonsumsi asupan gizi yang sehat, menjaga stamina secara kuat juga tidak dapat terjadi. Selain berlatih fisik, Anda juga harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Termasuk mengkonsumsi suplemen kesehatan agar stamina tetap terjaga. Selain itu, hindari kebiasaan untuk langsung minum air putih dingin atau duduk dengan menghadap kipas angin setelah latihan lari. Karena dapat memicu timbulnya masuk angin. Untuk itulah, lebih baik pula untuk mencegah tubuh mengalami masuk angin dengan minum obat masuk angin.