menjaga kesehatan saat banjir

Tips Menjaga Kesehatan Saat Banjir Agar Tidak Gampang Sakit

2020-02-06 20:28:21 NOP

Wilayah ibu kota dan sekitarnya disambut oleh banjir pada awal bulan Januari kemarin. Bencana banjir kali ini disinyalir merupakan yang terparah sejak 2013 silam. Bahkan, bencana ini mampu melumpuhkan aktivitas masyarakat hingga lebih dari seminggu serta membawa banyak kerugian kepada para korban.

Selain itu, bencana banjir kemarin juga secara drastis meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit. Penyebab utama hal ini adalah karena air banjir membawa banyak bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan saat banjir.

Yuk, simak beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari ancaman tersebut!

Mensterilkan Alat Makan sebelum Digunakan

Upaya menjaga kesehatan saat banjir dapat dimulai dengan cara membersihkan alat makan, khususnya jika sudah terkontaminasi dan terkena air banjir. Untuk lebih memastikan kuman dan bakteri terbasmi secara menyeluruh, kamu bisa mencuci alat-alat makanmu dengan air panas.

Meminum Air Matang yang sudah Dimasak Sebelumnya

Meskipun lingkunganmu lembab karena diguyur hujan dan diserang banjir, tubuhmu tetap membutuhkan air minum untuk tetap terhidrasi. Akan tetapi, kamu tetap perlu berjaga-jaga dan memastikan air yang kamu minum higienis, salah satunya dengan mengandalkan air minum dalam kemasan.

Namun, jika kamu memang terpaksa menggunakan air tanah, kamu sangat dianjurkan untuk tetap merebusnya hingga mendidih, bahkan meski air tersebut telah melalui proses filtrasi sebelumnya.

Mengupas Kulit Buah dan Mencuci Sayur dengan Air Hangat

Sayur dan buah memiliki berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Bahkan, mengkonsumsinya tanpa dimasak dipercaya dapat membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih efektif. Lantas, bolehkah hal ini tetap dilakukan saat terjadi banjir? Jawabannya boleh, namun tentunya dengan cara yang tepat.

Sebelum mengkonsumsi buah dan sayuran, jangan lupa untuk mengupas kulit buah dan mencuci sayuran dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu untuk terjauh dari infeksi kuman.

Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal dan Melindungi Diri dari Kontaminasi

Cara menjaga kesehatan banjir selanjutnya adalah dengan terus memakai pelindung ketika membersihkan rumah yang kotor karena banjir. Sebagai contoh, kamu bisa memakai sepatu boot karet, kacamata pelindung, dan sarung tangan anti air guna membantu mengurangi risiko terjangkit bakteri dan virus melalui lumpur atau air banjir.

Melindungi Diri dari Ancaman Penyakit

Setelah melakukan berbagai upaya untuk terhindar dari kontaminasi bakteri dan virus, kamu perlu menjaga kesehatanmu saat banjir dengan melindungi tubuh dari dalam. Upaya ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal terstandar seperti pada Tolak Angin dari Sido Muncul.

Tolak Angin dapat membantumu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi berbagai kondisi yang diakibatkan banjir, khususnya gejala masuk angin. Kamu dapat mengkonsumsinya secara teratur saat musim hujan ini agar dapat terus tetap sehat.

Seluruh produk Tolak Angin telah melewati berbagai pengujian seperti Uji Khasiat, Uji Toksisitas, serta berbagai pengujian lain yang memastikan kandungannya aman bagi kesehatan. Selain itu, Tolak Angin juga terjamin halal dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beragam varian produknya, kunjungi situs resmi Tolak Angin di www.tolakangin.co.id sekarang juga. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai produk Tolak Angin di toko obat terdekat. Kalau masuk angin, orang pintar minum Tolak Angin!

Latest News