tips liburan ke jepang

Tips Liburan ke Jepang untuk Kamu yang Baru Pertama Kali!

2020-02-06 20:24:42 NOP

Akihabara & Harajuku, Gunung Fuji, Hachiko Statue, Kuil Fushimi, dan juga Kastil Matsumoto memang selalu menjadi destinasi incaran bagi para pelancong yang ingin liburan ke Jepang. Berhubung masih awal tahun 2020, mungkin kamu sudah memiliki resolusi untuk berkunjung ke negara yang terkenal dengan animasi manga ini.

Demi memudahkan kamu dalam mewujudkan liburan idamanmu nanti, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat, selain paspor dan visa, lho. Yuk, simak terlebih dahulu tips liburan ke Jepang yang bisa kamu intip berikut ini!

Musim Semi dan Musim Gugur Menjadi Waktu yang Tepat

Tips liburan ke Jepang yang pertama adalah mencari waktu yang tepat. Bisanya, musim semi dan gugur selalu jadi incaran para wisatawan, karena waktunya yang pas untuk berkunjung ke negara matahari terbit ini. Alasannya, karena cuacanya tidak begitu panas maupun dingin.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa 2 musim ini memiliki ciri khas tersendiri. Nantinya, saat musim semi tiba pada akhir Maret hingga pertengahan April di Kyoto, Osaka dan juga Tokyo akan dipenuhi dengan bunga sakura yang bermekaran. Sementara saat musim gugur, kamu juga akan bisa menikmati keindahan proses daun yang berubah warna menjadi kemerahan, kuning, hingga jingga.

Instal Aplikasi Tertentu dan Menyewa Pocket Wi-Fi

Meskipun Jepang terbilang negara yang maju, namun mayoritas masyarakat Jepang tidak mampu berbahasa Inggris. Tapi, jangan khawatir karena kota seperti Kyoto, Osaka & Tokyo cenderung menyediakan tanda-tanda serta para petugasnya yang mampu berbahasa Inggris. Tapi, jika ingin berkunjung ke kota selain yang di atas, sebaiknya kamu perlu mengandalkan Google Translate dan Hyperdia App (aplikasi terkait informasi jadwal serta pilihan transportasi yang ada di Jepang).

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Safe Travel milik Kementerian Luar Negeri Indonesia yang memuat segala informasi terkait negara tujuan termasuk Jepang.

Benda penting saat liburan ke Jepang yang tidak boleh dilupakan adalah smartphone dan Wi-Fi yang bisa disewa dan diperoleh di bandara Jepang. Jepang sendiri termasuk salah satu negara yang tidak menyediakan akses Wi-Fi untuk publik secara bebas. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, baiknya lakukan pemesanan sebelum sampai di Jepang.

Cari Tahu Kebiasaan Orang Jepang

Orang Jepang sudah dikenal dengan menghormati peraturan yang ada dan disiplin. Salah satu contohnya adalah membuang sampah di tempat sampah, tidak menyeberang jalan saat lampu merah, menaiki transportasi tepat waktu, dan mengantri dengan rapi. Mungkin kelihatannya kebiasaan orang Jepang di atas tidak terlalu sulit. Tapi bagi kamu yang belum terbiasa dengan hal-hal di atas, mungkin akan mengalami culture shock.

Mempertimbangkan Tempat Penginapan

Mempertimbangkan penginapan juga menjadi tips liburan ke Jepang selanjutnya. Ada beberapa tipe penginapan yang bisa dipilih. Untuk merasakan pengalaman yang berbeda, kamu bisa bermalam di Ryokan atau Minshuku yang mengedepankan tempat tinggal seperti budaya orang Jepang asli. 

Keduanya merupakan guest-house milik pribadi yang menyediakan tempat tinggal serta makan untuk para turis. Jenis penginapan ini cenderung mahal. Untuk kamu yang mau lebih berhemat, ada capsule hotel yang harganya lebih affordable per malam.

Hal yang perlu kamu perhatikan juga saat ke Jepang, pastikan menukar uang dari rupiah ke yen ya. Sebelum berangkat, kamu pun juga harus mengatur pengeluaran selama di Jepang nanti.

Perhatikan Pakaian yang Akan Dipakai dan Pastikan Barang Keperluan Lain Tidak Tertinggal

Masing-masing musim di Jepang tentu membuat kamu harus menyesuaikan pakaian yang dipakai. Jika kamu berkunjung di musim semi dan gugur baiknya jangan sampai lupa membawa pakaian seperti kaus kaki, sepatu yang nyaman untuk berjalan dan mudah dilepas serta jaket. Pakailah pakaian berlapis yang mudah untuk dipakai dan dilepaskan untuk membantu kamu menyesuaikan dengan suhu udara yang berbeda di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, pastikan semua barang-barang yang diperlukan selama di sana tidak ada yang tertinggal. Untuk mempermudah, buatlah checklist barang apa saja yang akan dibawa selain pakaian, dokumen penting, kamera, dan lain-lain. Jangan sampai lupa untuk membawa travel kit seperti Tolak Angin yang akan membantu kamu mengatasi masalah gangguan kesehatan seperti masuk angin atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semua produk Tolak Angin halal dan bersertifikat MUI, jadi aman untuk dikonsumsi.

Bagi kamu yang ingin pergi ke Jepang, saat ini Tolak Angin juga mengadakan kuis Polin Liburan ke Jepang Bareng Tolak Angin. Kamu diminta untuk membuat kreasi foto atau video ‘Momen Polin Pake Tolak Angin’ dengan tema “Jepang” dan mencantumkan pada caption, destinasi atau hal apa yang ingin kamu coba kunjungi atau lakukan di Jepang.

Akan ada 1 pemenang dan berhak mengajak 1 orang pendamping yang memenuhi kriteria peserta. Pemenang akan mendapatkan tiket pulang pergi ke Jepang dan akomodasi. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut terkait kuis Polin Liburan ke Jepang Bareng Tolak Angin, silakan kunjungi

Latest News