jaga kesehatan saat imlek

Tips Agar Tetap Sehat & Bugar Saat Menikmati Perayaan Imlek

2020-02-06 20:20:09 NOP

Tahun baru Imlek atau yang sering juga disebut Sincia memang perayaan pergantian tahun bagi masyarakat peranakan di Indonesia. Keberagaman budaya seperti ini memang sudah berlangsung sejak lama dan tahun ini akan jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 untuk menyambut tahun tikus logam.

Biasanya Sincia selalu identik dengan acara kumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan spesial buatan mama tercinta. Agar dapat menikmati kebersamaan serta hidangan yang nikmat, kamu perlu jaga kesehatan saat Imlek dengan melakukan beberapa cara seperti ini.

Menjaga Porsi Makanan yang dikonsumsi

Pada saat perayaan Imlek tiba, biasanya meja akan dipenuhi oleh banyak jenis hidangan wajib. Mulai dari camilan, sayuran, daging, makanan laut, dan tentu saja tidak lupa buah-buahan yang segar seperti jeruk. Dengan tersedianya beragam pilihan makanan yang menggugah selera, kamu wajib mengatur porsi makananmu.

Tips jaga kesehatan saat Imlek seperti itu cukup efisien dan lebih mudah dilakukan karena kamu dapat mengonsumsi semua hidangan yang ada dengan porsi secukupnya. Ikutilah pepatah yang mengatakan “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang”.

Jangan Lewatkan Hidangan Ikan

Agar tubuh tetap bugar, kamu dapat jaga kesehatan saat Imlek dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan protein. Ikan sendiri menjadi salah satu hidangan wajib yang harus tersedia saat perayaan tersebut karena selain melambangkan keberuntungan dalam pekerjaan, usaha, dan bisnis, kamu juga akan mendapatkan sumber protein dari makanan laut ini.

Menurut kepercayaan masyarakat peranakan, ikan yang dianggkap menjelang perayaan tahun bari Cina dipercaya memiliki kualitas terbaik dan sangat segar, lho. Jangan sampai kamu melewatkan makanan ini.

Nikmati Buah-buahan Segar Khas Imlek

Beberapa jenis buah seperti jeruk, akan selalu tersedia saat perayaan Imlek. Dibalik kepercayaan terhadap simbolisasi pembawa hoki, namun nyatanya mengonsumsi buah memang baik untuk kesehatan sehingga tubuh tetap sehat saat Imlek.

Kandungan kalori yang lebih sedikit namun setiap buah memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan untuk menjaga tubuh selalu sehat.  

Mengonsumsi Hidangan Manis Secukupnya Saja

Rasa manis pada sebuah hidangan biasanya dimiliki pada camilan atau makanan penutup. Kamu pasti akan sulit menolaknya. Tenang saja karena kamu masih tetap dapat mengonsumsinya namun, pastikan untuk jaga kesehatan saat Imlek dengan tidak berlebihan saat memakannya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kelebihan gula agar tidak memicu masalah kesehatan seperti diabetes atau obesitas.

Akhiri Makan dengan Teh Hijau

Setelah kamu puas mengonsumsi  berbagai hidangan lezat, jangan lupa akhiri dengan meminum teh hijau. Minuman tersebut dipercaya oleh masyarakat peranakan mampu menjaga kesehatan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang dibutuhkan.

Kamu bisa mengikuti tips jaga kesehatan saat Imlek ini agar dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel pada tubuh.

Puncak acara Imlek akan ditutup dengan perayaan Cap Go Meh yang diadakan 15 hari setelahnya. Pada tradisi ini akan dilakukan dengan menerbangkan lentera yang sama dengan melepaskan nasib buruk dan menyambut nasib baik.

Lalu, acara ini tentunya tidak lengkap jika belum menyantap makanan bersama. Biasanya menu yang tersaji cenderung lebih banyak camilan manis, seperti kue keranjang dan kue onde-onde. Pastikan, saat melakukan persiapan Cap Go Meh kamu sudah menerapkan cara yang sama seperti, menjaga kesehatan ketika Imlek agar dapat menutup perayaan tersebut dengan kondisi yang selalu prima.Ditengah-tengah kebahagiaan merayakan Sincia hingga Cap Go Meh, kita juga sambut dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim. Oleh sebab itu, kamu perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum Tolak Angin, herbal halal terstandard dari Sido Muncul.

Kamu bisa mendapatkan produk ini di berbagai toko obat terdekat dan jangan lupa disesuaikan juga dengan kebutuhanmu karena Tolak Angin tersedia dalam berbagai varian. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai produk-produk Sido Muncul di situs resminya www.tolakangin.co.id sekarang juga dan selamat merayakan tahu baru Imlek 2571 dan lakukan persiapan Cap Go Meh secara matang ya.

Latest News