Si Kecil Sedang Flu dan Demam? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya Berikut Ini

2020-03-02 23:53:51 NOP

Flu merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Biasanya penyakit ini sering muncul saat memasuki musim hujan karena kondisi cuaca lembab menyebabkan bakteri serta virus lebih mudah berkembang.

Pada dasarnya anak-anak memang memiliki daya tahan tubuh tidak stabil sehingga, cenderung lebih mudah terserang penyakit flu saat sedang demam. Sebagai orang tua, kamu tidak perlu panik karena sebenarnya penyakit ini cukup mudah terdeteksi dan dapat diatasi dengan mudah.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab anak mengalami hal ini? Inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak saat terserang flu saat demam.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Anak Menurun

Anak flu saat demam memang cukup sering terjadi karena virus dan bakteri lebih mudah menyerang ketika daya tahan tubuhnya melemah. Biasanya hal tersebut bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang tidak mendukung.

Lingkungan di sekitar anak-anak yang kurang sehat dapat disebabkan karena tingginya polusi udara. Inilah yang menjadi faktor utama bakteri dan virus mudah berkembang di sekitar anak-anak. Biasanya bakteri yang kasat mata dapat ditularkan melalui benda-benda umum seperti pintu, toilet, hingga jajanan di pinggir jalan.

Oleh sebab itu, kamu perlu melindungi anak-anak dengan mengawasi makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berada di luar rumah. Agar dapat mengurangi dampak risiko menurunnya sistem kekebalan tubuhnya.

Cara Mengatasi Flu Saat Demam pada Anak

Jika daya tahan tubuh Si Kecil menurun, tubuhnya akan memberi reaksi dengan meningkatnya suhu tubuh. Setelah itu, akan diikuti oleh serangan virus influenza penyebab flu. Jika hal tersebut terjadi, segera atasi dengan beberapa cara berikut ini.

 

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Saat anak demam, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga mudah mengalami dehidrasi. Tentunya, sebagai orang tua kamu ingin Si Kecil dapat segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa, bukan? Jadi, sebaiknya pastikan anak minum banyak air mineral untuk menambah cairan dalam tubuhnya.

Cara ini juga efektif untuk membantu membersihkan organ dalam tubuhnya sehingga pencernaannya menjadi lebih bersih.

 

  1. Memberikan Makanan Bergizi Tinggi

Anak-anak yang demam, tidak hanya kehilangan cairan tetapi nafsu makan pun akan hilang. Oleh sebab itu, kamu dapat atasi anak flu saat demam dengan memberikan makanan bergizi tinggi tetapi tetap lezat, seperti sop ayam. Pastikan anak tidak kekurangan vitamin.

Berikan makanan dan minuman berupa buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein yang baik. Saat kebutuhan gizi dan vitaminnya tercukupi dengan baik, nafsu makan anak pun akan kembali membaik.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh anak secara alami. Kamu bisa memastikan anak beristirahat dari semua aktivitasnya untuk memberi waktu bagi tubuhnya memulihkan diri.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan ramuan herbal terstandar dalam kemasan sachet dari Tolak Angin. Tenang saja, karena tersedia juga varian Tolak Angin Anak dengan formula yang sudah disesuaikan. Produk ini aman untuk dikonsumsi sejak anak berusia 1 tahun. Jangan lupa perhatikan aturan pakai dalam kemasan ya.

Kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin Anak di toko-toko obat terdekat. Namun, jangan lupa untuk mengunjungi situs resminya di www.tolakangin.co.id karena di sana terdapat beragam tips dan trik seputar kesehatan.

Latest News