Sering Lembur? Ini 5 Cara Mencegah Masuk Angin Saat Kerja Tengah Malam

2020-03-03 22:41:52 NOP

Pekerjaan yang menumpuk dan deadline yang semakin dekat membuat kamu terpaksa bekerja lembur untuk menyelesaikannya. Namun, jika terlalu sering melakukannya dapat membuat daya tahan tubuh berkurang dan dapat membuat kamu lebih rentan terserang masuk angin saat kerja. Hal ini memang sudah cukup sering dijumpai pada banyak orang.

Agar masuk angin saat kerja shift malam tidak terjadi pada kamu. Berikut ini ada 5 cara mencegahnya yang mudah untuk dilakukan.

  1. Menjaga Pola Tidur

Bekerja lembur mengharuskan kamu untuk tetap beraktivitas di malam hari. Sehingga waktu yang digunakan untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas menjadi berkurang. Pada orang dewasa dibutuhkan minimal 7 hingga 9 jam per harinya untuk tidur agar tubuh terasa bugar. Jika hal tersebut tidak dapat terpenuhi, artinya kamu harus membayar kekurangan tidur tersebut.

  1. Menjaga Pola Makan Harian

Masuk angin saat kerja bisa saja terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan terjaga. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Bekerja di malam hari memungkinkan terjadi gangguan pada sindrom metabolik, sehingga dapat mengalami peningkatan risiko obesitas.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu tetap menjaga pola makan di siang dan malam hari. Ada baiknya untuk tidak makan terlalu malam ya. Selain itu, kamu juga dapat makan camilan yang sehat untuk mengusir ngantuk tetapi jangan makan sampai terlalu kenyang karena hal itu dapat memancing ngantuk semakin bertambah. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran agar kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh tetap terjaga dengan baik ya.

  1. Tidur Siang saat Jam Istirahat

Untuk mempersiapkan diri menghadapi lembur agar tidak masuk angin saat kerja dapat dilakukan dengan tidur siang. Cara ini dapat membantu kamu mengurangi kelelahan saat bekerja. Tidak perlu lama-lama, cukup ambil waktu selama 15 hingga 20 menit saat jam makan siang untuk tidur.

 

Rutin melakukan hal tersebut dapat meningkatkan dan memulihkan kekuatan pada otak. Selain itu, tubuh juga akan kembali segar dan tidak mudah merasa lelah akibat seharian bekerja. Cara ini juga dapat membantu kamu lebih siap menghadapi pekerjaan yang banyak.

  1. Hindari Mengkonsumsi Kopi

Saat mengantuk, semua orang akan mencari kopi untuk membantu menghilangkannya. Biasanya kopi akan dinikmati pada saat pagi hari, siang, dan juga malam. Jika kamu meminum kopi dalam jumlah yang wajar, tentunya dapat membantu tetap aktif hingga malam hari.

Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat berakibat buruk pada tubuh. Bisa juga kamu menjadi sulit tidur karena kafein terlalu banyak dalam tubuh. Pastikan kamu meminum kopi minimal 6 jam sebelum tidur ya, agar tidak terjaga sepanjang malam dan semakin mengurangi waktu beristirahat.

  1. Mengonsumsi Pencegah Masuk Angin

Ada banyak makanan dan minuman yang dapat mencegah masuk angin saat kerja seperti wedang jahe dan sebagainya. Namun, cukup sulit untuk menemukannya pada daerah perkantoran. Oleh karena itu, sebagai alternatif kamu bisa memilih Tolak Angin Cair.

Tidak hanya dapat mencegah namun, juga mengatasi berbagai gangguan masuk angin yang mengganggu aktivitas. Menggunakan 12 bahan herbal terstandar pilihan, produk ini telah dipercaya selama puluhan tahun untuk menjaga tubuh dari serangan masuk angin.

Jadi, jangan lupa sebelum lembur pastikan kamu sudah minum Tolak Angin Cair agar terhindar dari masuk angin saat kerja lembur di kantor, ya.

Latest News