Sering Bersin Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya yang Tak Boleh Disepelekan!

2020-03-03 22:12:55 NOP

Setiap orang tentunya memiliki beberapa kebiasaan yang unik, apalagi jika saat bangun tidur.Biasanya ada kebiasaan tertentu yang sering terjadi seperti, ,mengalami bersin-bersin di pagi hari meskipun sedang tidak flu. Jika masih ada yang bingung, tentunya hal ini tak perlu dikhawatirkan.

Meskipun demikian, dalam dunia medis jika seseorang mengalami bersin saat bangun tidur di pagi hari jangan disepelekan begitu saja. Ada beberapa penyebab yang perlu diketahui. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Bersin yang disebabkan Oleh Rhinitis Alergi

Biasanya, bersin yang disebabkan oleh Rhinitis alergi yaitu kondisi peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi yang terjadi, dapat membuat beberapa orang mengalami bersin-bersin ketika bangun tidur di pagi hari. Jika hal itu terjadi padamu, sebaiknya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi pemicu alergi ini. Bisa jadi karena adanya jamur, bulu hewan, debu atau tungau, yang terdapat di tempat tidur kamu. Tanpa disadari, hal-hal tersebut sering sekali menempel pada area tempat kita beristirahat.

Bersin yang disebabkan Udara Kering

Penyebab bersin saat bangun tidur lainnya yaitu karena udara yang kering atau pengaruh dari AC. Sehingga, hal ini dapat membuat lapisan dalam hidung menjadi kering. Pada dasarnya, lapisan lendir memiliki fungsi untuk menjaga agar benda asing tidak dapat memasuki area pernapasan. Oleh karena itu, saat hidung menjadi kering tak dapat dipungkiri berbagai macam benda asing seperti debu yang memiliki partikel sangat kecil dapat mudah masuk, dan mampu menyebabkan terjadinya gatal dan membuat kita bersin di pagi hari.

Bersin yang disebabkan Sinusitis

Peradangan pada dinding sinus akibat virus atau reaksi alergi dapat mengganggu lapisan hidung serta memicu lendir yang dihasilkan menjadi berlebihan. Sehingga, bersin saat bangun tidur tidak dapat dihindari. Mirip seperti gejala flu, kamu akan merasakan gejala gatal yang cukup mengganggu. Namun, jika hal ini terus terjadi selama beberapa minggu artinya kamu mengalami sinusitis kronis dan memerlukan penanganan yang serius.

Bersin yang disebabkan Rhinitis Vasomotor

Jika kamu tidak memiliki masalah alergi atau sinus maka, bisa dipastikan penyebab bersin saat bangun tidur dipicu oleh Rhinitis Vasomotor yaitu, kondisi dimana peradangan pada area selaput hidung terjadi karena kondisi pembuluh darah di saluran pernapasan menjadi sangat sensitif. Atau bisa juga dipengaruhi oleh kondisi perubahan cuaca, suhu, maupun sistem imun.

Itulah penyebab bersin saat bangun tidur yang sering kamu alami. Untuk mengatasi bersin saat bangun tidur, kamu perlu memastikan penyebabnya. Walaupun tidak ada obat yang mampu menyembuhkan hidung dari penyebab bersin namun, tetap ada cara lain yang bisa dilakukan.

Solusi terbaiknya kamu bisa menghindari berbagai pemicu alergi. Mulailah untuk menjaga kebersihan area tempat tidur dengan rutin mengganti sarung bantal dan sprei kasur setiap dua minggu sekali. Selain itu, mengganti bantal dan guling baru setiap 6 bulan sekali atau jika hal tersebut memberatkanmu maka, bisa juga menjemur bantal dan guling dibawah terik matahari untuk membunuh tungau yang menempel.

Lalu, jangan lupa gunakan pelembab ruangan pada kamar yang menggunakan AC. Hal ini bertujuan agar dapat terhindar dari lapisan hidung yang menjadi kering. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh tidak menjadi dehidrasi. Selain itu, tubuh juga bisa lebih kuat untuk melawan berbagai bakteri dan virus yang masuk.

Untuk menjaga sistem imun tubuh tetap dalam kondisi yang baik maka, kamu dapat mengkonsumsi produk Tolak Angin Cair. Sebagai obat herbal terstandar yang telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa selalu sediakan Tolak Angin Cair dalam tas kamu untuk mencegah turunnya daya tahan tubuh ya.

Latest News