makanan untuk masuk angin

Perut Sering Kembung? Konsumsi 6 Makanan untuk Masuk Angin Berikut Ini!

2020-04-01 01:11:48 NOP

Perut kembung menjadi salah satu ciri yang menandakan orang masuk angin. Meskipun perut kembung bisa membaik dengan sendirinya, namun kondisi seperti ini biasanya akan dibarengi juga dengan keinginan untuk buang angin lebih sering dan membuat perut terasa begah. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitasmu.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung antara lain yakni mengonsumsi makanan yang memicu gas seperti kubis, makanan asin, makanan dengan pemanis buatan, produk susu, kopi, minuman berkarbonasi, serta makan terlalu banyak dan cepat.

Lantas, kira-kira apa saja makanan untuk masuk angin dan kembung yang sebaiknya dikonsumsi? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti ayam dan telur nyatanya bisa menambah kekebalan tubuh manusia. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi gandum, ubi, kembang kol, serta yoghurt untuk menangkal peradangan dan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan gangguan kesehatan.

Mengonsumsi Sup Hangat

Makanan untuk masuk angin selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah sup hangat. Kamu bisa membuat sup ayam atau sup tomat. Makanan hangat seperti sup ini bisa mengurangi lendir yang sudah ada dalam sistem pernapasan. Selain itu, mengonsumsi sup bisa membantu menghangatkan perutmu. Kamu juga bisa membuat sup asparagus, karena sup yang satu ini bagus sebagai probiotik. Selain itu, asparagus bisa membantu mengeluarkan kelebihan air dan meminimalisir gas yang ada dalam perut.

Mengonsumsi Jahe dan Kunyit

Selanjutnya, dari jenis rempah jahe dan kunyit bisa diandalkan sebagai makanan untuk masuk angin. Jahe dijadikan sebagai salah satu ‘obat’ untuk masuk angin. Tanaman yang satu ini merupakan asli Asia Tenggara yang dapat meminimalisir gas berlebihan dan menghangatkan tubuh. Dalam jahe dan kunyit ada kandungan protease yang dinamakan zingibain. Kandungan yang satu ini mampu meminimalisir gas yang terlalu banyak di dalam perut. Selain itu, kunyit juga mampu menyembuhkan beberapa gangguan pencernaan, salah satunya perut kembung.

Mengonsumsi Pepaya

Pepaya sudah dikenal baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi. Alasannya, dalam pepaya terdapat kandungan zat anti peradangan dan juga serat yang mampu melegakan perut ketika sedang begah. Dalam pepaya, ada juga zat lain yang bernama papain dan mampu membantu kerja usus dalam tubuh.

Mengonsumsi Pisang

Salah satu penyebab perut kembung yang bisa memicu masuk angin adalah mengonsumsi makanan asin terlalu banyak. Untuk mencegah hal ini, kamu pun bisa mengonsumsi pisang. Di dalam pisang terdapat kandungan serat larut yang bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Tak hanya itu saja, ada juga kalium yang berperan untuk meminimalisir dampak dari kelebihan makanan asin yang nantinya akan membuat kadar sodium dalam tubuh menjadi netral.

Mengonsumsi Yogurt

Makanan untuk masuk angin terakhir yang bisa kamu pilih adalah Yogurt. Perlu diketahui, kalau di dalam yogurt terdapat kandungan probiotik yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik sehingga mampu meminimalisir perut kembung dan membuat pencernaan menjadi stabil. Yogurt cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain mengonsumsi makanan untuk masuk angin dan kembung yang telah disebutkan tadi di atas, kamu juga bisa mengonsumsi Tolak Angin. Obat herbal terstandar ini telah melalui uji toksisitas subkronik dan uji khasiat yang terbukti dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi masuk angin. Ada beberapa varian Tolak Angin, yakni Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula, dan Tolak Angin Anak. Ada juga permen Tolak Angin, dengan varian permen Tolak Angin Bebas Gula dan permen Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges.

Masing-masing produk memiliki khasiat yang berbeda. Semua produk Tolak Angin dibuat dengan bahan baku yang halal, jadi aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin di berbagai toko terdekat langgananmu, ya. Untuk informasi lebih jelas terkait produk yang dimiliki Tolak Angin, kunjungi saja www.tolakangin.co.id. Kalau masuk angin, orang pintar minum Tolak Angin!

Latest News