mencegah virus corona

Penyebab Virus Corona Serta Cara Mencegahnya yang Perlu Diketahui

2020-04-15 20:13:33 NOP

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kasus virus corona kian hari kasusnya semakin meningkat di dunia. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir tahun lalu. Virus Corona atau yang dikenal juga dengan COVID-19 ini penyebarannya sangat cepat dan sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk juga Indonesia.

Indonesia sendiri mengkonfirmasi pasien positif virus corona atau COVID-19 pertama kali pada 2 Maret 2020 yang lalu. Hingga 12 April 2020 tercatat ada 4.241 kasus, 383 meninggal dunia, dan 359 dinyatakan sembuh di Indonesia.

Mungkin, tak jarang yang bertanya-tanya apa sih sebenarnya penyebab virus corona dan bagaimana cara mencegahnya agar kamu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat serta terlindungi. Berikut adalah penjelasan soal COVID-19 yang perlu kamu ketahui.

1. Berkomunikasi Langsung dengan si Positif COVID-19

Tak jarang dari kebanyakan masyarakat Indonesia yang belum paham betul apa penyebab virus corona itu sendiri. Perlu diketahui, bahwa virus corona atau COVID-19 ini menular melalui lendir (droplet) dari seseorang yang positif COVID-19. Jika kamu berkomunikasi dengan seseorang yang positif COVID-19, bisa jadi ketika ia sedang bersin ataupun batuk lendir yang dikeluarkan akan terpapar ke kamu yang negatif. Sangat disarankan untuk menghindari orang yang sedang batuk atau pilek. Kamu juga harus membiasakan untuk tidak menyentuh area wajah terutama mulut, hidung, dan mata.

2. Infeksi Saluran Pernapasan

Pada umumnya, virus corona menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan ringan hingga sedang seperti flu. Tak bisa dipungkiri, penyebab virus corona lainnya pun mampu menyebabkan infeksi pernapasan yang berat seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan juga Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

3. Penularan dari Hewan

Menurut kutipan dari Mayo Clinic, kasus awal COVID-19 ini diketahui ditularkan oleh hewan ke manusia. Seiring berjalanannya waktu, penularan corona virus ini terjadi antar manusia melalui droplet dalam kontak dekat.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona atau COVID-19

Untuk mencegah penularannya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun telah menyebutkan ada beberapa hal yang wajib dilakukan, yakni di antaranya:

  • Sering cuci tangan pakai sabun
  • Gunakan masker bila batuk atau pilek dan beraktivitas di luar ruangan
  • Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur serta buah
  • Hati-hati kontak dengan hewan
  • Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
  • Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak
  • Bila batuk, pilek, dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan

Selain itu, WHO pun juga menambahkan bahwa selain rutin mencuci tangan dengan sabun, kamu juga harus melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Menjaga jarak, minimal 1 meter antara kamu dan orang yang sedang bersin atau batuk
  • Selalu menutup mulut dan hidung ketika sedang bersin maupun batuk
  • Jika kamu merasa tidak enak badan, sebaiknya di rumah saja
  • Hindari merokok dan aktivitas lainnya yang membahayakan paru-paru kamu
  • Lakukan physical distancing dan jangan melakukan perjalanan kemana-mana serta jauhi kerumunan ramai

Tak hanya penyebab dan cara mencegahnya saja, kamu pun juga harus tahu ciri-ciri terinfeksi virus corona. Biasanya gejala dan ciri ringannya adalah hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam tinggi hingga 38 derajat, merasa tidak enak badan, sesak napas saat batuk hingga membuat nyeri di dada. Jika kamu mengalami hal tersebut, segera konsultasikan dan segera kunjungi fasilitas kesehatan yang telah disediakan pemerintah.

Itu tadi penyebab virus corona serta cara mencegah dan juga ciri-cirinya yang bisa kamu ketahui. Untuk selalu menjaga kesehatan, pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi. Tak hanya itu saja, pada saat seperti ini juga penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan terkena virus maupun bakteri dari luar. Agar tubuhmu tetap stabil setiap harinya, kamu bisa mengonsumsi obat herbal terstandar yang halal dan bersertifikat MUI dari Sido Muncul yaitu Tolak Angin.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk lainnya, kamu bisa klik www.tolakangin.co.id sekarang juga. Selalu jaga kesehatan, dan jangan lupa mencuci tangan secara rutin, ya!

Latest News