Penyebab Perut Kembung Pada Anak yang Wajib Ibu Ketahui

2020-03-03 02:07:55 NOP

Di dalam tubuh manusia pasti terdapat gas yang harus dikeluarkan setiap harinya. Pada sebagian besar orang, hal ini tidak menimbulkan masalah yang berat, karena cukup mudah untuk mengeluarkannya. Namun, bagi si Kecil mengeluarkan gas tidak bisa dilakukan dengan mudah dapat memicu perut kembung pada anak.

Hal ini akan menjadi masalah karena saat gas terperangkap, perut akan mengalami sakit yang membuat si Kecil menjadi tidak nyaman melakukan aktivitas. Seringkali, anak-anak akan kesulitan untuk menjelaskan apa yang sedang dirasakannya. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua perlu mengetahui apa saja penyebab perut kembung pada anak agar si Kecil tidak mudah kembung, seperti berikut ini.

Kurangnya Asupan Air Putih dalam Tubuh

Pada dasarnya, anak-anak akan sering mengalami perut kembung karena sistem pencernaan yang dimilikinya sedang mengalami proses perkembangan. Sehingga, proses mengeluarkan gas dari dalam tubuh belum berjalan dengan lancar. Hal ini memang membutuhkan waktu. Namun, kamu dapat membantunya dengan memberikan asupan air putih yang cukup agar rasa sakit akibat perut kembung pada anak dapat berkurang dan pencernaannya menjadi lebih lancar.

Berada Kondisi Cuaca yang Berangin

Berada di lingkungan yang berangin juga dapat menjadi salah satu penyebab perut kembung pada anak. Angin tersebut bisa masuk dengan mudah dan sulit dikeluarkan sehingga, akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya hindarilah tempat-tempat berangin seperti pinggir pantai atau gedung tinggi. Selain itu, berada di ruangan AC tanpa mengenakan baju karena kepanasan juga menjadi pemicunya. Walaupun si Kecil menyukainya, kamu perlu memberikan pengertian agar ia dapat terhindar dari masuk angin.

 

Mengalami Intoleransi Laktosa

Perut kembung pada anak bisa disebabkan karena jumlah laktosa yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna. Sehingga, semakin banyak laktosa yang dikonsumsi maka gangguan pencernaan akan semakin parah. Laktosa dapat dijumpai pada produk-produk susu sehingga, jika si Kecil menunjukkan gejala intoleransi laktosa maka hentikan pemberian produk susu. Kamu bisa beralih pada susu kacang yang lebih aman.

 

Mengunyah Makanan dengan Cepat

Kebiasaan makan dengan cara mengunyah dengan terlalu cepat akan membuat si Kecil menelan terlalu banyak angin. Penyebab perut kembung pada anak ini memang cukup sering terjadi sehingga, banyak angin terperangkap di dalam lambung. Oleh karena itu, mulai biasakan si Kecil untuk mengunyah makanan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Terdapat Banyak Gas dalam Perut

Penyebab perut kembung pada anak juga dapat disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tinggi akan kandungan gas di dalamnya. Selama proses pencernaan makanan, makanan seperti kol, kubis, lobak, apel, dan bawang dapat menghasilkan gas dan cenderung sulit dikeluarkan oleh anak-anak. Jadi, hindari memberikan makanan tersebut secara berlebihan pada anak ya.

Itulah penyebab perut kembung pada anak yang perlu kamu ketahui. Untuk mengatasinya, sebaiknya hindari hal-hal tersebut dan kamu bisa beri dia Tolak Angin Anak

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah memformulasikan obat herbal tersebut sesuai dengan kebutuhan anak- anak. Berikan 1 sachet Tolak Angin Anak setelah makan pada usia di atas 2 tahun, atau bisa juga mencampurkannya dengan setengah gelas air jika si Kecil belum terbiasa. Dapatkan produk herbal terstandar ini di toko-toko obat terdekat dari rumah. Selain itu, untuk mengetahui lebih lanjut informasi produk Tolak Angin Anak segera kunjungi website resminya di www.tolakangin.co.id.

Latest News