Penyebab Perut Gampang Kembung yang Perlu Diwaspadai

2020-03-03 01:34:58 NOP

Perut kembung sering dialami oleh sebagian besar orang. Hal ini memang cukup wajar terjadi namun, memiliki dampak yang mengganggu. Biasanya beberapa kondisi seperti perut menjadi lebih buncit akan mengganggu penampilan. Rasa tidak nyaman ini juga dapat bertambah parah jika gas yang terperangkap di dalam perut tidak dapat dikeluarkan.

Penumpukkan gas itulah yang membuat perut gampang kembung dan masuk angin. Sehingga, kamu perlu mengeluarkannya agar tidak bertambah parah, dengan menghindari berbagai kebiasaan ini. Berikut ini ada beberapa penyebab perut gampang kembung yang perlu kamu diwaspadai.

Kebiasaan Makan yang Tidak Benar

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab perut gampang kembung yaitu diantaranya memiliki kebiasaan makan kurang baik. Mulai dari kebiasaan makan dan minum terlalu cepat sehingga memicu masuknya udara ke dalam saluran pencernaan dan dapat diatasi dengan mengunyah secara perlahan. Selain itu, mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak memang dapat membuat kenyang lebih lama, tetapi juga dapat memicu timbulnya rasa kembung pada perut. Beberapa kebiasaan makan lainnya juga dapat menjadi penyebab perut kembung, seperti terlalu sering minum menggunakan sedotan dan terlalu banyak berbicara saat makan pun perlu kamu hindari.

Gangguan yang Berasal dari Asupan Makan

Di dalam tubuh manusia terdapat sistem metabolisme yang dapat membantu dalam mencerna makanan. Proses tersebut bisa terjadi dengan cepat ataupun lambat berdasarkan beberapa faktor, salah satunya makanan yang kamu konsumsi. Jadi sebaiknya, kamu mulai menghindari atau mengurangi jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena tidak semua makanan mudah dicerna tubuh dengan cepat sehingga, bisa membuat perut gampang kembung seperti berikut:

Makanan berlemak yang cukup penting dalam makanan agar dapat membuat tubuh lebih lambat memprosesnya sehingga, akan terasa kenyang lebih lama. Namun, hal ini dapat membuat perut gampang kembung karena lambatnya proses pengosongan lambung.

Minuman bersoda akan memberikan penumpukkan gas secara berlebihan dalam tubuh namun, tidak semuanya bisa dikeluarkan oleh tubuh melalui sendawa. Inilah sebabnya perut gampang kembung setelah kamu minum soda.

Buah dan sayuran tertentu ternyata juga memiliki kandungan gas berlebih di dalamnya, seperti sayuran kol, brokoli, buncis, apel, dan pir. Hal ini disebabkan karena kandungan gas tersebut dibentuk oleh gula, pati, dan serat dalam buah yang cukup tinggi.

Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Dalam beberapa kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab perut gampang kembung. Salah satunya yang cukup sering dijumpai yaitu pada penderita diabetes dan lebih dikenal sebagai gastroparesis. Hal ini merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada penderita diabetes. Biasanya disebabkan karena rusaknya salah satu saraf dalam tubuh yang berfungsi untuk mengenali perut sedang dalam kondisi kosong atau penuh. Jika hal ini terus terjadi, penumpukkan makanan yang tidak segera dicerna akan membuat perut gampang kembung bagi penderita diabetes.

Saat mengalaminya, biasanya akan disertai dengan gejala lainnya seperti muntah, mual, dan menurunnya nafsu makan. Selain itu, sembelit juga dapat menjadi penyebab perut gampang kembung juga, lho.

Itulah beberapa penyebab perut gampang kembung yang perlu kamu ketahui dan waspadai agar tidak terus mengalaminya. Untuk mengatasi kembung, kamu sebaiknya mengkonsumsi Tolak Angin Cair secara rutin sesuai dengan aturan pakai di dalam kemasan. Bagi para penderita diabetes, sebaiknya pilihlah Tolak Angin Bebas Gula.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk Tolak Angin Bebas Gula dan varian lainnya pada website resminya di www.tolakangin.co.id. Setelah itu, kamu bisa segera membeli produknya di toko obat terdekat.

Latest News