penyebab musim hujan gampang sakit

Mengapa Tubuh Gampang Sakit Saat Musim Hujan? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

2020-02-07 17:49:26 NOP

Pada saat musim hujan, suhu udara akan menjadi lebih lembap, basah, dan dingin dari biasanya. Meskipun menjadi lebih sejuk, namun sayangnya ada juga bahaya yang mengancam tubuh di saat seperti ini. Salah satunya yakni keberadaan bakteri serta virus yang menyebabkan kita gampang terkena penyakit.

Ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh ketika musim hujan tiba, seperti influenza, batuk, radang tenggorokan, demam, atau gejala masuk angin lainnya. Sebenarnya, penyakit tersebut dapat diderita kapan saja dan oleh siapa saja, tetapi risikonya akan menjadi lebih tinggi pada saat musim hujan, lho. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa penyebab lain mengapa ketika musim hujan gampang sakit. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Perubahan Kondisi Udara yang Cukup Ekstrim

Salah satu penyebab musim hujan gampang sakit, karena terjadinya perubahan kondisi cuaca yang terbilang cukup ekstrem, yang mana suhu udara akan menjadi lebih rendah. Nah, pada saat itu terjadi, tubuh akan melakukan adaptasi terhadap perubahan kondisi, sehingga dapat memengaruhi stamina tubuh kita.

Saat kondisi seperti itu terjadi, tentu saja daya tahan tubuh akan menurun juga. Maka dari itu, akan ada banyak penyakit yang mudah menyerang antibodi dan membuat kamu menjadi lemah.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Perubahan kondisi cuaca hujan tidak menentu seringkali dapat merusak jadwal aktivitas yang sudah disusun dengan rapi. Sering kali, hal ini menjadi penyebab kamu menjadi malas untuk melakukan berbagai aktivitas, khususnya yang melibatkan fisik saat kondisi cuaca tidak mendukung.

Namun sebenarnya, saat tubuh kurang bergerak seperti olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah sakit saat musim hujan telah tiba.

Penyebaran Virus yang Terjadi Lebih Cepat

Musim hujan gampang sakit memang sering dialami oleh sebagian besar orang karena umumnya, bakteri dan virus lebih cepat berkembang biak dalam kondisi cuaca yang lembap sehingga, mempercepat proses penyebarannya ke tubuh manusia saat daya tahan tubuhnya menurun.

 Biasanya bakteri atau virus terus berkembang dapat terbawa melalui genangan air yang ada di lumpur, sepatu basah, baju basah, dan sebagainya.

Tubuh Mengalami Dehidrasi

Kondisi udara yang lebih dingin dapat membuat tubuh merasa tidak haus sehingga kamu seringkali lupa mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus akan memicu terjadinya dehidrasi yang bisa ditunjukkan melalui bibir dan tenggorokan menjadi kering.

Pada dasarnya, kebutuhan tubuh terhadap air tidak pernah berubah walaupun cuacanya berubah. Oleh sebab itu, meminum air sesuai takarannya yang seharusnya penting untuk dilakukan setiap saat walaupun tidak sedang merasa haus sekalipun.

Tubuh Menjadi Kekurangan Vitamin D

Sinar matahari memang diketahui memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut sulit didapatkan saat matahari sering tertutup oleh awan sehingga, tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin alami untuk melawan kuman yang berkembang.

Semua penyebab musim hujan gampang sakit ini berisiko tinggi menyerang tubuh setiap orang. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan diri agar tidak mudah sakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu bisa konsumsi obat herbal terstandar yang telah dipercaya selama puluhan tahun demi hangatkan tubuh. Selain itu, Tolak Angin juga mampu menjaga dan memulihkan dari berbagai gejala masuk angin. Perlu diketahui juga, kalau Tolak Angin halal dan bersertifikat MUI.Produk tersebut tersedia dalam berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tunggu apalagi? Segera dapatkan berbagai varian Tolak Angin sesuai kebutuhanmu di toko obat terdekat. Jangan lupa, kunjungi juga situs resminya di www.tolakangin.co.id untuk mendapatkan berbagai tips kesehatan lainnya.

Latest News