tips mencuci tangan yang baik dan benar

Masih Banyak yang Salah! Begini Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

2020-04-15 19:48:15 NOP

Kian hari, penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia semakin bertambah dan meluas ke wilayah-wilayah lainnya. Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat pun harus selalu berhati-hati dalam beraktivitas, terlebih lagi untuk kamu yang masih bekerja dan berkegiatan di luar rumah.

Demi mendukung pemutusan rantai penularan virus corona atau COVID-19, kita pun juga disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO) untuk selalu mencuci tangan yang baik dan teratur agar terhindar dari virus corona atau COVID-19.

Mungkin untuk sebagian orang, mencuci tangan yang baik terdengar sangat sepele, namun masih banyak yang salah melakukan tahapan cuci tangan yang benar. WHO dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah mengkampanyekan kembali cara cuci tangan yang benar.

Cuci tangan selama 20 hingga 30 detik sangat disarankan dilakukan untuk membunuh COVID-19, terutama untuk kamu yang masih melakukan kegiatan di luar rumah dan bertemu dengan orang banyak. Simak tips mencuci tangan yang baik dan benar berikut ini!

Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Menurut World Health Organization (WHO) sebaiknya mencuci tangan dilakukan selama 20 hingga 30 detik. Berikut langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  1. Basahi tangan dengan air bersih
  2. Tuangkan sabun pada telapak tangan secukupnya dan secara menyeluruh
  3. Letakan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin, lalu ulangi sebaliknya
  4. Gosok punggung tangan dan sela-sela jarimu
  5. Bersihkan juga ujung kuku dan ibu jari secara memutar
  6. Gosok tangan yang telah bersih oleh sabun dengan air mengalir
  7. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Sebaiknya selalu sediakan hand sanitizer, karena bisa menjadi solusi dalam kondisi tertentu saat tidak ada air dan sabun. Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga menyebutkan bahwa sebaiknya gunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol di dalamnya dan juga menggunakan sabun antiseptik.

Meskipun kamu bisa menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan kapan saja, tetapi alangkah baiknya jika kamu yang tidak  melakukan aktivitas di luar, sebaiknya tetap #DiRumahAja untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun juga memberitahu kapan saja sebaiknya mencuci tangan yang baik?

  • Setiap kali tangan kotor: mengetik, memegang uang, hewan/binatang, dan berkebun
  • Setelah bersin atau batuk
  • Sesudah buang air
  • Sebelum menyusui bayi
  • Setelah menceboki bayi atau anak
  • Sebelum makan dan menyuapi anak
  • Sebelum memegang makanan dan setelah makan
  • Setelah bermain di tanah, lumpur atau tempat kotor

Nah, itu tadi tips mencuci tangan yang baik dan benar menurut World Health Organization (WHO) dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang harus dilakukan serutin mungkin. Tapi, tak hanya mencuci tangan saja, kamu pun juga harus tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Selain itu, kamu juga bisa konsumsi 2 sachet Tolak Angin setiap harinya, untuk menjaga daya tahan tubuh. Merupakan salah satu obat herbal terstandar dari Sido Muncul, Tolak Angin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk lainnya, kamu bisa mengunjungi www.tolakangin.co.id. Stay home, stay healthy and stay safe!

Latest News