Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Tidak Lemas Saat Menjalani Puasa!

2020-03-03 22:25:20 NOP

Sahur merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalani ibadah puasa dengan lancar. Pada minggu-minggu awal menjalani puasa, tubuh akan lebih mudah lemas karena belum terbiasa. Hal ini memang umum terjadi oleh siapa saja.

Namun, hal ini tentunya tidak akan kamu rasakan lagi jika sudah terbiasa menjalaninya dengan setiap hari dengan baik. Rasa lemas saat puasa ini sebenarnya dapat dihindari dengan baik loh. Agar kamu lebih kuat, berikut 5 tips hindari lemas saat puasa ini yang dapat kamu ikuti

  1. Hindari Makan dengan Porsi Double

Saat puasa, seringkali kamu merasa jika tubuh membutuhkan lebih banyak asupan energi agar dapat menjadi lebih kuat saat puasa. Namun, hal ini sebenarnya keliru karena makan dengan porsi berlebih hanya akan membuat tubuh menjadi mengantuk dan malas bergerak. Setelah itu, kamu akan tidur lebih banyak dan badan akan terasa semakin lemas saat puasa. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah dengan porsi secukupnya agar tubuh tidak menjadi lemas.

Cukupi Kebutuhan Cairan pada Tubuh

Tips hindari lemas saat puasa selanjutnya adalah memastikan kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi dengan baik. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab tubuh merasa lemas saat puasa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air mineral minimal 8 gelas per harinya. Kamu dapat membaginya dengan minum 2 gelas saat sahur dan berbuka, lalu 4 gelas lagi sepanjang malam hingga saat sahur tiba.

  1. Olahraga Minimal 30 Menit

Tubuh yang terasa lemas juga bisa disebabkan karena aktivitas yang kamu jalani berkurang. Untuk menghindari lemas saat puasa, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau sore. Lakukan minimal 30 menit per harinya.. Jika tidak sempat, kamu masih bisa melakukannya setengah jam sebelum buka puasa. Pastikan untuk tidak melakukannya saat siang hari, ya. Karena tubuh akan terasa sangat lelah dan lemas. Yoga juga dapat menjadi alternatif olahraga ringan yang dapat kamu lakukan.

  1. Hindari Makanan yang Mengandung Terlalu Banyak Minyak

Memperhatikan apa yang kamu makan saat sahur merupakan hal yang sangat penting. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan. Makanan ini dapat menyebabkan tenggorokan terasa kering. Selain itu, ikatan oksigen dalam tubuh juga dapat berkurang hingga 20% sehingga tubuh menjadi mudah lemas saat puasa.

  1. Konsumsi Minuman Herbal

Obat-obatan yang berasal dari tanaman herbal lebih efektif meningkatkan daya tahan tubuh seperti jamu. Perpaduan bahan-bahan herbal dari alam ini mampu membuat tubuh terhindar dari rasa lemas. Kamu dapat mencampurkan jahe, madu, daun mint, daun cengkeh, dan bahan lainnya. Tentunya jika membuat sendiri cukup merepotkan, bukan?

Saat ini sudah ada loh jamu dalam kemasan yang mudah kamu jumpai. Tolak Angin Cair  hadir untuk memudahkan kamu dalam mengkonsumsi jamu. Produk ini sudah dipercaya sejak dulu untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat puasa bukan berarti kamu dapat tidur sepanjang hari, ya. Isilah waktu puasa dengan banyak kegiatan positif seperti beribadah, berbuat amal, olahraga, dan kegiatan lainnya. Tubuh akan semakin kuat jika daya tahan tetap terjaga. Oleh karena itu, selalu minum Tolak Angin Cair saat sahur dan berbuka puasa ya. Nah, itulah 5 hal yang dapat dilakukan untuk hindari lemas saat puasa. Selamat menjalani ibadah puasa!

Latest News