Kenali Penyebab Anak Sakit Perut Bagian Tengah yang Tak Boleh Disepelekan

2020-03-02 23:58:08 NOP

Sakit perut memang bukanlah penyakit serius. Namun, jika kamu tidak memperhatikannya dengan baik kondisi ini dapat menghambat aktivitas anak. Pada dasarnya, sakit perut memang dapat menyerang siapa saja namun, anak-anak cenderung kesulitan menjelaskan apa yang dirasakannya.

Oleh sebab itu, para orang tua perlu lebih jeli membaca perubahan sikap yang ditunjukkan oleh anak. Terdapat banyak hal yang bisa memicu terjadinya anak sakit perut bagian tengah dan sekitarnya.

Lalu, apa saja penyebab anak sakit perut bagian tengah yang tidak boleh disepelekan begitu saja? Sebagai orang tua, kamu harus jeli dengan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan Si Kecil seperti berikut.

Terjadi Infeksi Pada Pencernaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebagai penyebab anak sakit perut bagian tengah dan sekitarnya terjadi karena infeksi sehingga menyebabkan diare. Diare sendiri dapat memicu anak kekurangan cairan dalam tubuh sehingga, kamu perlu memastikan Si Kecil tetap dapat memenuhi kebutuhan cairannya.

Berikan target untuk anak minum air minimal 8 gelas per hari. Tidak perlu dipaksa namun, buatlah ia berjanji untuk menghabiskannya. Cara seperti ini akan lebih efektif agar anak dapat menjaga kesehatannya dengan baik.

Kekurangan Asupan Serat dalam Tubuh

Saat anak nyeri perut bagian tengah yang sering menyebar ke daerah di sekitarnya juga bisa disebabkan oleh masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Biasanya hal ini dipicu karena tubuh si kecil kekurangan serat.

Solusinya cukup mudah karena kamu cukup memenuhi asupan serat hariannya dengan memberikan sayuran dan buah-buahan. Namun, jika si kecil tidak suka mengkonsumsi sayuran dapat diberikan alternatif lain seperti memberikan susu yang kaya akan serat.

Mengalami Flu Perut

Flu perut bukanlah flu biasa yang disebabkan oleh virus influenza. Secara medis, flu perut dikenal sebagai gastroenteritis yang memang disebabkan oleh virus. Biasanya, anak-anak yang terserang oleh sakit ini, akan diikuti oleh ciri lainnya seperti demam, muntah, hingga diare.

 

Kondisi Asam Lambung yang Terlalu Tinggi

Penyebab anak sakit perut bagian tengah selanjutnya dapat disebabkan oleh kondisi asam lambung yang tinggi. Biasanya hal ini dapat terjadi karena pola makan anak yang tidak teratur, kelebihan berat badan, atau mengonsumsi makanan terlalu pedas atau asam. Jadi, pastikan kamu memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak ya

Itulah beberapa penyebab anak sakit perut bagian tengah dan sekitarnya yang tidak dapat disepelekan begitu saja. Sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami sakit perut, sebaiknya berikan minyak angin roll on yang dapat membuat perut Si Kecil menjadi lebih nyaman karena hangat.

Salah satu produk minyak angin dengan menggunakan bahan alami yang dapat kamu pilih yaitu Tolak Angin Care dari Sido Muncul. Produk ini dikemas dalam botol roll on sehingga lebih praktis untuk digunakan, modern, dan higienis.

Kamu bisa mengoleskan pada perut Si Kecil karena terdapat kandungan aktif dari ginger oil dan peppermint oil di dalamnya sehingga cocok dijadikan sebagai pertolongan pertama. Tapi, perlu diketahui juga kalau sebaiknya gunakan Tolak Angin Care untuk anak di atas 2 tahun, ya. Dapatkan produk Tolak Angin Care di toko obat terdekat dan jangan lupa kunjungi website resminya untuk mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan.

Latest News