cara agar tidak mabuk naik pesawat

Berniat Liburan? Yuk, Ketahui 6 Cara Agar Tidak Mabuk Naik Pesawat Berikut Ini!

2020-04-01 00:26:50 NOP

Untuk sebagian orang, naik pesawat baik yang jarak tempuhnya dekat atau jauh bukanlah suatu hal menyenangkan. Mereka ada yang takut ketinggian dan ada pula yang mengalami mabuk karena naik pesawat, terlebih untuk yang baru pertama kali.

Mengalami mabuk perjalanan tentunya terasa tidak nyaman. Berkeringat, kelelahan, mual, muntah, panas dingin, pusing, hingga sakit kepala menjadi beberapa ciri mabuk naik pesawat. Untuk membantu kamu, berikut cara agar tidak mabuk naik pesawat yang bisa dilakukan.

Duduklah di Tempat yang Tepat

Salah satu cara agar tidak mabuk naik pesawat adalah dengan duduk di tempat-tempat tertentu sesuai dengan waktunya. Jika kamu bepergian di siang hari, pilihlah tempat duduk yang posisinya dekat jendela. Ini bertujuan untuk mengalihkan pikiran ke hal-hal lain yang ada di sekitar. Bila terbang di malam hari, duduklah di bagian tengah dekat sayap agar saat pesawat berbelok ke kanan atau ke kiri tidak terlalu terasa. 

Bersikap Santai dan Tidur Sejenak

Jika selama perjalanan udara pikiranmu tegang, tentunya hal ini bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya penyebab mabuk udara saat berada di pesawat. Jadi, sebaiknya kamu tetap rileks dan coba untuk mengalihkan pikiran ke hal-hal lain seperti mendengarkan lagu, menonton film, atau mengobrol dengan teman yang berada di sebelahmu.

Jika tidak berhasil, cobalah untuk tidur sejenak selama dalam penerbangan. Tapi, perlu dipastikan saat tidur posisi kepala tetap stabil untuk menghindari pusing serta mual yang kemungkinan akan terjadi.

Mengonsumsi Permen Karet Mint

Cara lain agar tidak mabuk naik pesawat adalah dengan mengonsumsi permen karet rasa mint. Ternyata, aktivitas mengunyah pun bisa membuat pencernaan terasa rileks, menghindari gangguan pencernaan, mengurangi produksi asam lambung, serta meminimalisir rasa mual.

Jangan Membaca Saat Kondisi Pesawat Sedang Tidak Normal

Tips agar tidak mabuk naik pesawat lainnya, jangan terlalu sering atau terlalu lama membaca jika memiliki kebiasaan atau kemungkinan mabuk udara. Alasannya, kondisi kepala yang membungkuk melihat bacaan malah akan membuat keluhan mual yang dialami semakin besar. Jadi, cukup sesekali saja membaca dan selingi dengan melihat keluar jendela untuk membuat mata lebih rileks.

Isi Perut Secukupnya Sebelum Naik Pesawat

Sebelum naik pesawat, jangan biarkan perut kosong, karena itu akan membuat kamu mabuk udara.  Hal ini disebabkan karena guncangan dari pesawat akan membuat pusing dan mual. Jadi, cara agar tidak mabuk naik pesawat salah satunya jangan lupa makan dan minum secukupnya sebelum bepergian.

30 menit hingga 1 jam sebelum keberangkatan menjadi waktu terbaik untuk mengisi perut. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Alasannya makanan-makanan tersebut akan meningkatkan adrenalin yang memicu diri menjadi panik. Saat kondisi panik, mual dan pusing akan muncul. Sangat disarankan konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan protein yang cukup dan baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi Obat yang Meminimalisir Rasa Mual

Terakhir, tips agar tidak mabuk naik pesawat selalu sediakan obat yang bisa mengantisipasi rasa mual atau mabuk perjalanan. Kamu bisa mengonsumsi obat seperti Tolak Angin. Produk Tolak Angin bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, mengatasi masuk angin, mencegah mabuk perjalanan, meringankan batuk dan tenggorokan gatal.

Terdapat beberapa varian Tolak Angin, yakni Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula, dan Tolak Angin Anak. Ada juga permen Tolak Angin, dengan varian permen Tolak Angin Bebas Gula dan permen Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges.

Masing-masing produk memiliki khasiat yang berbeda. Semua produk Tolak Angin dibuat dengan bahan baku yang halal, jadi aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin di berbagai toko terdekat langgananmu, ya. Untuk informasi lebih jelas terkait produk yang dimiliki Tolak Angin, kunjungi saja www.tolakangin.co.id.

Latest News