pengertian autoimun

Apa Itu Autoimun? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

2020-02-07 17:41:23 NOP

Perkembangan dunia medis terus berubah, karena mengikuti penyakit baru yang terus bermunculan menyerang tubuh manusia. Hingga saat ini, tak hanya virus dan bakteri saja yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, tetapi bisa juga disebabkan oleh kesalahan pada sistem kekebalan tubuh.

Perlu diketahui juga, penyakit seperti itu dikenal sebagai autoimun. Mungkin, untuk sebagian orang penyakit yang satu ini masih terdengar sangat asing. Agar lebih waspada, sebaiknya kamu perlu mengenalnya terlebih dahulu untuk berhati-hati. Yuk, ketahui pengertian dan penyebabnya berikut ini!

Pengertian Autoimun secara Sederhana

Secara sederhana, pengertian autoimun itu sendiri merupakan sebuah kondisi yang tidak normal dimana sistem pada daya tahan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Padahal, secara normal sistem tersebut seharusnya bisa menjadi benteng demi melindungi tubuh dari serangan bakteri serta virus.

 

Hal lain yang perlu diketahui, bahwa para penderita autoimun sistem kekebalan tubuh akan mampu melihat sel dalam tubuh yang sehat sebagai organisme asing, serta perlu dimusnahkan dengan cara melepaskan antibodi. Sehingga akan sangat kesulitan untuk membedakan dengan benar sel yang perlu dilindungi dan tidak.

Setelah mengetahui secara umum pengertian dari autoimun tersebut, kamu juga perlu mengenali lebih lanjut tentang penyakit ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyakit autoimun menular atau tidak yang bisa dikenali melalui faktor penyebabnya.

Penyebab Penyakit Autoimun

  • Faktor Genetik

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab autoimun terjadi dalam tubuh manusia. Salah satunya yaitu pengaruh DNA atau keturunan dari orang tua. Biasanya saat memiliki anggota keluarga yang mengalami penyakit seperti ini maka, kamu akan memiliki risiko yang cukup tinggi mengalami hal serupa walaupun tidak 100%.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penyakit autoimun sebenarnya tidak dapat menular secara bebas namun tetap berisiko diturunkan melalui DNA dari orang yang memiliki hubungan darah yang cukup dekat.

  • Mengalami Infeksi

Faktor penyebab autoimun tak hanya disebabkan oleh satu hal saja, tetapi juga bisa dari infeksi. Hal seperti ini tentu sangat mudah terjadi ketika daya tahan tubuh sedang dalam keadaan lemah dan berbagai bakteri serta virus pun akan dengan mudah menyerang.

Organisme asing tersebut menjadi salah satu pemicu sistem daya tahan tubuh menjadi terganggu dan membuatnya kesulitan membedakan sel mana yang harus dilindungi.

  • Dipengaruhi Oleh Lingkungan dan Gaya Hidup

Setiap manusia pasti memiliki gaya hidup yang berbeda-beda dan seringkali tidak terjaga dengan baik. Hal seperti ini juga dapat memengaruhi kondisi daya tahan tubuh dalam menjaga kesehatan menjadi lemah. Dampak ini juga dapat dipicu oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selain itu, kurang melatih diri untuk melakukan olahraga secara rutin pun dapat berisiko membuat sistem dalam tubuh menjadi terganggu dan tidak stabil.

Walaupun kondisi seperti ini sulit dihindari namun, kamu masih tetap harus mencegahnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan meminum rutin minum Tolak Angin.

Sebenarnya, kamu dapat menyesuaikan produk ini sesuai dengan kebutuhan karena Tolak Angin tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi situs resminya sekarang juga dan dapatkan produknya di toko obat terdekat.

Latest News