membedakan flu biasa dengan flu corona

Agak Mirip! Ini Cara Tepat Membedakan Flu Biasa dengan Corona

2020-04-15 19:31:27 NOP

Sejak akhir tahun 2019 yang lalu, masyarakat di dunia telah dibuat khawatir dengan mewabahnya virus corona atau COVID-19 yang berasal dari Wuhan, China dan termasuk juga Indonesia. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini bisa dibilang memang mirip dengan flu biasa.

Meskipun gejala-gejalanya memiliki kemiripan seperti flu pada umumnya, flu corona pun juga diikuti dengan demam, sakit kepala, serta batuk. Lalu, bagaimana cara membedakan flu biasa dengan corona? Yuk, simak ulasan berikut ini agar kamu tidak salah langkah, ya!

Ketahui Terlebih Dahulu Perbedaannya

Membedakan flu biasa dan flu virus corona atau COVID-19 sebenarnya agak susah, karena sama-sama menyerang saluran pernapasan pada tubuh manusia. Tapi, perlu diketahui kalau kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda, lho.

Flu Biasa

Pada umumnya, flu biasa akan terjadi ketika rhinovirus mulai menyerang saluran pernapasan yang dapat membuat seseorang mengalami bersin-bersin, batuk, demam, hidung tersumbat serta berair, sakit tenggorokan, hingga mengalami sakit kepala ringan.

Flu biasa akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-9 hari lamanya. Semakin kuat daya tahan tubuh kamu, tentunya akan semakin cepat sembuh juga dari flu biasa. Bagi para penderita flu biasa, dokter akan menyarankan untuk banyak beristirahat, serta konsumsi makanan bernutrisi, dan minum air putih yang cukup.

COVID-19

Cara membedakan flu biasa dengan corona tentunya sedikit sulit, karena keduanya memiliki gejala yang sama. Namun, perlu diketahui kalau ada 3 gejala utama yang bisa muncul pada seseorang yang terpapar virus corona atau COVID-19, yakni demam tinggi di atas 38 derajat, batuk, dan mengalami sesak napas. Meskipun jarang terjadi, namun seseorang yang positif corona juga bisa disertai gejala seperti  nyeri otot, sakit tenggorokan, sakit kepala, flu, diare, mual hingga mengakibatkan muntah.

Selain itu, jika seseorang yang positif COVID-19, sangat disarankan oleh dokter untuk melakukan isolasi mandiri demi mencegah penyebaran virus ke orang lain, serta selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Untuk membedakan flu biasa dengan flu corona memang tidak mudah kedua jenis penyakit ini tidak bisa disamakan, kamu harus paham betul gejala-gejalanya, seperti yang telah disebutkan tadi di atas. Karena, nantinya pengobatan yang kamu dapatkan akan sangat berbeda. Meskipun kedua gejala tersebut terbilang cukup ringan dan dapat muncul secara bertahap, kamu harus tetap berhati-hati dan selalu menjaga pola makan, istirahat yang cukup, menggunakan masker, dan rutin mencuci tangan.

Perlu diketahui, bahwa virus yang satu ini bisa terbilang sangat berbahaya dan mengancam nyawa seseorang. Meskipun keduanya memiliki gejala yang sama, sebaiknya kamu juga membatasi diri melakukan aktivitas di luar ruangan dan mulai melakukan physical distancing untuk tetap berada #DiRumahAja.

Jika kamu mengalami gejala flu, terutama yang tidak kunjung sembuh lebih dari 1 minggu dan disertai demam yang tinggi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk segera mengetahui penyebabnya. Tak hanya itu saja, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil dan sehat selama pandemi COVID-19 ini, kamu bisa mengonsumsi obat herbal terstandar yang halal dan bersertifikat MUI dari Sido Muncul, yakni Tolak Angin. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang produk-produk lainnya dengan langsung klik www.tolakangin.co.id sekarang juga, ya!

Latest News