6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

2020-03-03 00:55:15 NOP

Madu adalah salah satu sumber makanan yang sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu. Selain rasanya yang nikmat, madu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kamu, lho. Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula dan bisa dijadikan sumber energi karena memiliki kandungan 64 kalori dalam satu sendok makan. Madu juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin dan mineral.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, madu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh yakni antara lain sebagai berikut:

Meredakan Batuk dan Pilek

Manfaat madu yang pertama adalah untuk meredakan batuk dan pilek. Pergantian musim seperti saat ini akan mudah membuat orang cepat terkena penyakit seperti tenggorokan, flu dan ISPA. Madu memiliki kandungan yang mampu untuk meredakan batuk dan peradangan pada saluran pernapasan. Kamu bisa mengonsumsi 1,5-2 sendok teh madu untuk mengurangi batuk dan membuat tidur lebih lelap.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat madu untuk kesehatan tubuh yaitu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Madu memiliki kandungan prebiotik alami yang akan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam pencernaan kamu. Saluran pencernaan yang baik akan meningkatkan nafsu makan kamu juga. Beberapa penelitian mengatakan madu mampu mengurangi gangguan pencernaan seperti nyeri perut dan konstipasi pada tubuh kamu.

Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Selain 3 manfaat madu untuk kesehatan di atas, madu memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh kamu, baik kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat sangat berisiko untuk kesehatan jantung kamu, sedangkan tubuh kamu tetap memerlukan kadar LDL yang cukup. Jika kamu rutin mengkonsumsi madu, maka kolesterol baik otomatis akan meningkat.

Sebuah studi membuktikan bahwa kadar LDL akan turun sebesar 5,8 persen dan kadar HDL akan meningkat pada angka 3,3 persen jika kamu mengonsumsi madu secara rutin.

Anti Bakteri

Tahukah kamu bahwa madu adalah anti bakteri alami yang baik. Madu mengandung hidrogen peroksida dan glukosa oksidasi yang dapat membunuh bakteri dan jamur berbahaya bagi tubuh. Lebih lanjut, madu juga memperlambat pertumbuhan jamur dan bakteri untuk tumbuh. Lebih lanjut, karena memiliki sifat anti bakteri, madu dapat digunakan untuk membersihkan luka.

Beberapa jenis madu juga dapat membunuh bakteri-bakteri berbahaya seperti bakteri E.coli yang menyebabkan tipes, bakteri S.aureus yang menyebabkan infeksi pada kulit, serta dapat membunuh bakteri H. pylori yang dapat merusak sistem pencernaan.

Mengobati Diare

Manfaat madu bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengobat gejala diare. Madu mentah dapat memberikan efek menenangkan pada perut kamu. Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang menderita diare sembuh lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi madu saat terkena diare.

Lebih lanjut, untuk membantu mengobati diare ringan, kamu bisa meminum satu sendok teh madu dengan mencampurkan madu dengan minuman.

Sumber Antioksidan

Madu dipercaya menjadi sumber antioksidan alami yang baik untuk tubuh kamu. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas berperan dalam proses penuaan dini dan berkontribusi dalam pertumbuhan penyakit jantung dan kanker.

Itulah 6 manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Nah, Tolak Angin Cair merupakan ramuan herbal untuk masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh dengan kandungan madu di dalamnya dengan kemasan yang modern.

Oleh karena itu, penting untuk kamu selalu menyediakan produk Tolak Angin Cair. Jika belum kamu bisa mendapatkan produk Tolak Angin Anak di toko obat terdekat dan dapatkan informasi menarik lainnya seputar ciri-ciri kondisi tubuh yang sedang turun hingga tips menjaga kesehatan dan mengembalikan daya tahan tubuh, hanya di website resmi Tolak Angin www.tolakangin.co.id sekarang juga.

Latest News