[su_post field=”post_title” default=”” before=”” after=”” post_id=”” post_type=”post” filter=””]

[su_post field=”post_date” default=”” before=”” after=”” post_id=”” post_type=”post” filter=””] [su_meta key=”category” default=”NOP” before=”” after=”” post_id=”” filter=””]

Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan telah lama dinobatkan sebagai cara untuk meminimalisir resiko berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan gaya hidup.

Namun, beberapa herba ternyata memiliki kebaikan yang lebih dominan dari herba lainnya. Salah satunya adalah jahe.

Riset menunjukkan jahe memiliki ratusan senyawa dan metabolit. Beberapa diantaranya berkontribusi menjaga kesehatan dan memiliki khasiat kesembuhan. Dari semua senyawa tersebut, gingerol dan shogaol adalah dua senyawa yang paling sering diteliti dan merupakan manfaat jahe yang paling utama.

Di Indonesia, sejak zaman nenek moyang kita, jahe yang berlimpah di tanah air ini sering digunakan sebagai obat masuk angin. Berikut ini adalah 6 manfaat jahe.

  1. Pencernaan

Senyawa phenolic di dalam jahe terbukti mengatasi masalah pencernaan, merangsang air liur dan produksi empedu, serta mencegah kontraksi lambung ketika makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

  1. Mual

Mengunyah jahe mentah atau meminum teh jahe lumrah digunakan di rumahan untuk mengatasi mual pada perawatan kanker. Walaupun nggak bisa mencegah muntah pada saat mabuk laut atau mabuk di kendaraan, mengkonsumsi jahe mampu secara drastis mengurangi perasaan mual. Itu sebabnya Tolak Angin Cair mampu mengatasi mual, karena jahe menjadi salah satu bahan herbal dalam Tolak Angin Cair.

  1. Mengurangi rasa sakit

Sebuah studi melibatkan 74 sukarelawan di Universitas Georgia menemukan jika jahe mampu mengurangi rasa sakit pada otot setelah latihan hingga 25 persen. Jahe juga berguna untuk mengatasi rasa sakit pada siklus menstruasi wanita.

  1. Peradangan

Jahe telah lama digunakan untuk mengurangi peradangan dan perawatan pada berbagai jenis kondisi peradangan.

  1. Kardiovaskular

Jahe juga amat disarankan untuk mengurangi kolesterol, mengurangi resiko penggumpalan darah, dan berguna untuk menjaga level gula darah yang sehat. Jahe terbukti dan digunakan sebagai bagian dari perawatan penyakit hati dan diabetes.

  1. Mengurangi gejala flu, pilek dan mengatasi masuk angin

Saat cuaca dingin, minum teh jahe merupakan salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Jahe memiliki properti diaforetik yang merangsang keringat, bekerja dari dalam tubuh untuk menghangatkan. Dan ingat juga untuk selalu minum Tolak Angin Cair bila merasakan gejala-gejala seperti ini ya.

Sudah tau manfaat dari jahe kan? Yuk konsumsi jahe demi kesehatan!

Latest News