tips mencegah tenggorokan gatal dan batuk kering

6 Cara Ampuh Mencegah Tenggorokan Gatal & Batuk Kering, Apa Saja?

2020-04-15 19:24:10 NOP

Saat tenggorokan kamu terasa gatal, tentunya akan sangat tidak nyaman dan mengganggu. Biasanya, tenggorokan gatal dan batuk kering disebabkan karena adanya reaksi alergi, menghirup udara yang berpolusi, mengalami perubahan cuaca, hingga mengalami infeksi pada saluran pernapasan. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Hindari Pemicu Alergi

Seperti yang sudah dibahas tadi di atas, alergi bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan gatal dan batuk kering. Ada banyak pemicu lain yang membuat munculnya reaksi alergi, mulai dari makanan, debu, obat, hingga polusi udara. Kalau kamu memiliki alergi yang akan membuat tenggorokan menjadi terasa gatal hingga mengakibatkan batuk kering, usahakan untuk menjaga makanan yang dikonsumsi dan langsung memeriksakan kepada ahlinya.

2. Hentikan Kebiasaan Burukmu!

Nah, tips mencegah tenggorokan gatal dan batuk kering yang kedua ini harus kamu lakukan. Jika kamu memiliki kebiasaan buruk seperti minum-minuman dingin, bersoda, teh, kopi, hingga alkohol, tentunya mampu menyebabkan dehidrasi serta membuat tenggorokan menjadi gatal dan kering. Tak hanya mengonsumsi minuman saja, kebiasan buruk seperti merokok pun juga bisa menyebabkan risiko iritasi pada tenggorokan. Nggak cuma perokok aktif, para perokok pasif pun juga akan mengalami hal yang sama, lho. Yuk, segera hentikan kebiasaan buruk ini, ya.

3. Berkumur dengan Air Garam

Jika kamu mengalami gatal di tenggorokan hingga menyebabkan batuk kering, cara ketiga ini bisa kamu ikuti. Pasalnya, jika kamu mengalami radang di tenggorokan tentunya akan berujung pada pembengkakan yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Kamu bisa berkumur dengan menggunakan air garam untuk mengurangi rasa gatal dan pembengkakan yang terjadi. Tak hanya itu saja, air garam juga mampu membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan. Cukup larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian aduk hingga merata.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan perbanyak minum air putih. Sangat disarankan untuk minum air putih, terlebih yang hangat minimal 8 gelas per harinya. Para ahli gizi pun mengatakan bahwa perbanyak minum air putih ketika tenggorokan gatal dan batuk kering bisa menghambat pertumbuhan virus serta bakteri di dalam tubuh.

5. Istirahat yang Cukup

Selain yang telah disebutkan tadi di atas, istirahat yang cukup pun juga harus kamu lakukan. Pasalnya, hal ini akan membantu tubuh dalam melawan virus maupun bakteri yang menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk kering. Sebaiknya kamu memiliki tidur yang cukup pada malam hari, minimal 7 hingga 8 jam setiap harinya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan posisi tidur usahakan dengan kepala lebih tinggi.

6. Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Tips mencegah tenggorokan gatal dan batuk kering terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Nyatanya, permen mampu membantumu dalam merangsang produksi air liur yang bisa menjaga tenggorokan tetap lembab dan meredakan rasa gatalnya. Kamu bisa memilih Permen Tolak Angin dari Sido Muncul. Permen herbal yang mampu memberikan sensasi melegakan tenggorokan ini terbuat dari bahan-bahan herbal alami seperti, Kapulaga, Daun Cengkeh, Jahe, Adas, Daun Mint, dan juga Madu.

Nah, itu tadi cara ampuh mencegah tenggorokan gatal dan batuk kering yang bisa kamu ikuti. Untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tetap seimbang,kamu pun juga bisa melihat produk-produk Tolak Angin lainnya di www.tolakangin.co.id. Kalau masuk angin, orang pintar minum Tolak Angin!

Latest News