5 Tips Agar Tetap Sehat Saat Musim Hujan yang Perlu Kamu Lakukan

2020-03-02 23:37:36 NOP

Musim hujan merupakan musim yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun, karena kondisi cuacanya menjadi lebih lembab daripada biasanya. Dengan begitu, ada berbagai bakteri dan virus yang berkembang, sehingga mudah menyerang manusia dengan kondisi tubuh yang sedang tidak sehat.

Tentunya, di tengah aktivitas yang padat ini khususnya dalam menyambut akhir tahun kamu tidak ingin semuanya terganggu karena sakit, bukan? Agar tidak mengganggu kesehatan fisikmu, ada beberapa tips agar tetap sehat saat musim hujan yang perlu kamu lakukan, seperti berikut ini.

  1. Selalu Sedia Pelindung dari Hujan

Salah satu cara sehat saat musim hujan yaitu dengan menyiapkan perlengkapan pelindung hujan seperti jas hujan bagi pengendara motor dan sepeda, payung bagi pejalan kaki, dan sendal oleh setiap orang agar kaki tidak berjamur karena sepatu yang basah. Barang-barang wajib tersebut, harus selalu tersedia bersama kamu saat berpergian kemana pun.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengecek prediksi cuaca setiap hari agar kamu bisa lebih mewaspadainya dan tidak meninggalkan barang-barang penting pelindung dari hujan yang sudah disebutkan tadi.

  1. Menggunakan Pakaian Hangat

Menjaga tubuh agar tetap sehat di musim hujan juga dapat dilakukan dengan memilih pakaian yang akan digunakan setiap harinya. Pastikan, kamu memakai pakaian lebih tebal untuk mencegah masuk angin. Selain itu, selalu sediakan jaket sebagai penghangat tambahan, khususnya di ruang kerja yang memiliki suhu dingin.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Dimanapun kamu berada, baik di lingkungan kerja atau rumah sebaiknya selalu diperhatikan kebersihannya. Hal ini bertujuan agar tempat pribadimu tidak memicu pertumbuhan bakteri. Pastikan juga tempat-tempat tersebut mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar tidak lembab.

Tips sehat saat musim hujan ini cukup mudah untuk dilakukan, kamu dapat memulainya dengan membuang sampah-sampah pada tempatnya dan tidak menumpuknya untuk waktu yang lama. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan agar kesehatanmu tetap terjaga dengan baik.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Sering kali, saat musim hujan tiba tubuh cenderung tidak merasakan haus. Tetapi tubuh tetap membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi. Oleh sebab itu, walaupun kamu merasa tidak haus, tetap pastikan tubuh mendapatkan cukup cairan.

Mulailah membuat takaran yang pasti agar kamu menghabiskan minimal 8 gelas per hari. Jika tidak terbiasa, kamu dapat mengatur alarm setiap 60 menit sebagai pengingat minum air putih. Hal ini memang cukup merepotkan namun, dapat membantu kamu mencegah dehidrasi.

  1. Memperhatikan Pola Makan dan Asupannya

Untuk membuat tubuh selalu sehat saat musim hujan, kamu juga perlu menjaga pola makan dan memastikan asupannya bergizi baik. Rutin makan secara teratur setiap harinya akan membantu tubuh mendapatkan energi yang seimbang namun pastikan dalam jumlah yang normal, ya.

Selain itu, hindari makanan yang kebersihannya tidak terjaga agar tidak membuat daya tahan tubuh menurun.

Itulah beberapa tips agar tubuh tetap sehat saat musim hujan yang dapat kamu lakukan. Selain cara di atas, kamu juga perlu melengkapi tubuh dengan perlindungan ganda dari produk Tolak Angin yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Produk Tolak Angin tersedia dalam beberapa kemasan seperti Tolak Angin Cair, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula, hingga Tolak Angin Anak. Sesuaikan produk yang akan diminum dengan gejalanya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di www.tolakangin.co.id. Produk Tolak Angin halal dan bersertifikat MUI loh, dapatkan ini di berbagai toko terdekat langgananmu, ya.

Latest News