wisata ke daerah dingin, liburan ke daerah dingin

5 Tempat Wisata Paling Dingin dan Sejuk di Indonesia yang Bisa Dijadikan Pilihan

2020-02-07 17:05:16 NOP

Indonesia termasuk salah satu negara tropis dan dikenal dengan keadaan udaranya yang terbilang cenderung panas. Namun, tak semua daerahnya memiliki hawa panas setiap harinya, lho.

Maka dari itu, tak jarang ada sebagian orang yang senang berkunjung ke tempat yang lebih dingin atau sejuk untuk melepas kepenatan. Jika kamu sedang mencari tempat liburan ke daerah dingin berikut beberapa rekomendasinya.

Batu, Malang

Pergi wisata ke daerah dingin di daerah Jawa yang pertama adalah Batu, Malang. Suasana Batu yang sejuk dan dingin bisa membantu me-refresh pikiran kamu. Beberapa tempat di Batu, Malang yang bisa dikunjungi adalah Batu Zoo Park, air terjun seperti Coban Rondo dan Coban Sewu, Museum Angkut, Jawa Timur Park, Pemandian Air Panas di Cangar, dan Taman Langit Malang. Kamu juga bisa merasakan pengalaman menantang dengan melakukan wisata olahraga seperti paralayang.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata ke daerah dingin yang terkadang berkabut. Daerah Dieng memiliki ketinggian sekitar 2.065 mdpl. Di daerah ini terkadang kamu bisa melihat fenomena embun beku atau Bun Upas.

Ini adalah kondisi yang disebabkan karena adanya uap air yang mengembun secara alami dan membeku yang disebabkan suhu yang tinggi. Asap belerang dan hamparan bukit hijau akan banyak kamu nikmati. Berada di Dataran Tinggi Dieng ada beberapa wisata yang bisa dikunjungi seperti Candi Arjuna, Danau 3 warna, Gunung Prau, dan Sikidang atau Sikunir.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba di Sumatera Utara juga bisa menjadi alternatif liburan ke daerah dingin. Di danau terbesar di Asia Tenggara ini salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, yakni camping di sisi tepi danau sambil menikmati pemandangan Danau Toba dan perbukitan Pusuk Buhit.

Bukit Ollon Bonggakaradeng, Toraja

Di Toraja kamu bukan hanya bisa merasakan cuaca dingin dan sejuk saja tapi tradisi spiritualisme dan keindahan alam dari pegunungan yang dikelilingi oleh aliran sungai yang jernih dan padang rumput hijau. Kamu juga bisa berkemah atau mengunjungi peternakan kuda yang ada di sekitarnya.

Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Traveling lebih jauh lagi, tempat liburan ke daerah dingin yang bisa menjadi pilihan adalah Ruteng, di Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat datang ke sini kamu bisa menikmati indahnya Sawah Lingko yang tampak seperti jaring laba-laba dan menikmati pemandangan dari pegunungan Mandosawu .

Kamu juga bisa trekking ke Wae Rebo. Tempat ini memiliki ketinggian 1.200 meter di atas laut yang merupakan perkampungan tradisional dan menjadi rumah adat yang bentuknya kerucut dan jumlahnya tujuh yang dinamakan Mbaru Niang. Saat malam hari, pemandangan indah langit yang dipenuhi bintang bisa dinikmati dengan jelas.

Bukan hanya suasana dingin dan sejuk, kamu juga bisa melihat langsung bagaimana masyarakat menjalani hidup dengan tradisi dan budaya luhur mereka. .Jika ingin ke Wae Rebo, pastikan fisik kamu sedang dalam keadaan sehat, karena untuk mencapai ke sana perlu menempuh perjalanan cukup jauh.

Itu tadi 5 tempat wisata ke daerah dingin yang bisa jadi pilihan. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan sebelum liburan ke daerah dingin. Kamu juga perlu menyediakan obat-obatan, salah satunya adalah Tolak Angin.

Produk dari Sido Muncul ini memiliki berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jenisnya ada Tolak Angin Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula, hingga Tolak Angin Anak. Sebelum mengonsumsinya jangan lupa perhatikan aturan pakainya.

Produk Tolak Angin halal dan bersertifikat MUI. Segera dapatkan produk-produk Tolak Angin di toko obat terdekat dan jangan lupa mengunjungi situs resminya di www.tolakangin.co.id dapatkan beragam tips menarik untuk jaga kesehatan.

Latest News