5 Khasiat Daun Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

2020-03-03 22:08:54 NOP

Cengkeh merupakan salah satu tanaman herbal yang tidak hanya sering digunakan oleh ibudi dapur untuk memasak berbagai makanan yang lezat. Rasa yang manis dan memiliki aroma khas membuat bumbu ini cukup banyak dicari dan digemari. Mulai dari daun hingga bunganya dapat dijadikan sebagai bahan untuk menyeduh minuman hingga membuat kue. Selain itu, cengkeh juga sering dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini ada 5 khasiat cengkeh yang perlu kamu ketahui!

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun cengkeh yang pertama ialah mampu meningkatkan kesehatan pencernaan pada tubuh. Daun cengkeh sangat baik dikonsumsi demi memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh, dengan cara merangsang sekresi enzim pada pencernaan. Jika kamu mengkonsumsinya dengan rutin, maka berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, iritasi lambung, maag, akan dengan mudah disembuhkan.

  1. Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Salah satu khasiat daun cengkeh lainnya adalah memiliki sifat antibakteri sehingga, mampu membunuh berbagai jenis bakteri penyebab penyakit dan menghentikan infeksi. Selain itu, jika kamu mengunyah bumbu dapur yang satu ini saat sahur, kandungannya dapat membunuh bakteri penyebab plak dan sakit pada gusi. Namun, jika kamu tidak ingin mengunyahnya maka, kamu dapat menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan cengkeh di dalamnya.

  1. Mencegah Kerusakan Pada Tulang

Pengeroposan tulang bisa menyerang siapa saja khususnya bagi kamu yang lebih banyak bekerja sambil duduk daripada bergerak.Sehingga, banyak terjadi kasus osteoporosis dini. Kamu dapat memanfaatkan daun cengkeh untuk mencegah hal itu terjadi. Di dalam cengkeh terdapat kandungan zat aktif yang mampu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Kandungan senyawa Mangan di dalamnya juga berperan penting dalam pembentukkan tulang sehingga menjadi sangat penting untuk rutin mengkonsumsi cengkeh dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Untuk Mengurangi rasa sakit kepala saat bulan puasa. Kamu pun dapat menggunakan daun cengkeh untuk membuat pasta yang kemudian ditambahkan dengan sedikit garam batu, dan juga dicampur segelas susu. Kemudian, kamu bisa meminumnya saat sahur demi mengurangi risiko sakit kepala akibat seharian berpuasa.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Khasiat daun cengkeh berikut ini sangat baik untuk para penderita diabetes karena sejak dahulu telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Biasanya penderita diabetes akan kehilangan fungsi untuk menghasilkan kadar insulin yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan khasiatnya yang mampu menggantikan produksi insulin, kamu dapat menggunakan ekstrak daun cengkeh yang bisa didapatkan dari seduhan teh daun cengkeh. Hal ini bertujuan agar mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Itulah khasiat daun cengkeh yang dapat kamu rasakan khususnya di bulan puasa ini. Sangat penting untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan agar dapat menyambut kemenangan di hari yang fitri nanti. Untuk tetap sehat dan bugar, kamu tidak perlu repot mengolah daun cengkeh karena saat ini sudah tersedia dalam produk Tolak Angin Serbuk. Dilengkapi dengan 12 bahan herbal pilihan berkualitas ini, kamu cukup menyeduhnya saat sahur atau berbuka puasa.

Selain itu, tersedia juga dalam kemasan langsung minum berupa Tolak Angin Cair. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi produk Tolak Angin saat sahur dan berbuka ya agar puasamu selalu lancar tanpa gangguan dari masuk angin

Latest News