menatap layar terlalu lama

5 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Menatap Layar Terlalu Lama

2020-02-07 17:32:47 NOP

Kemajuan teknologi memang sudah mengubah gaya hidup kebanyakan orang dalam menjalani kesehariannya. Berbagai kemudahan yang diberikan menjadikan hal yang kurang baik bagi kesehatan, seperti menatap layar terlalu lama pada gadget, laptop, maupun smartphone.

Berbagai hal dapat dilakukan mulai dari bersantai, berkomunikasi dengan orang lain, menjalankan bisnis, hingga membayar tagihan atau kebutuhan lainnya yang menjadi penyebab menatap layar terlalu lama. Namun, dibalik itu semua ternyata tidak berhenti menatap layar akan menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

1. Menjadi Kesulitan untuk Tidur

Saat kamu menatap layar terlalu lama akan menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatan. Salah satunya menyebabkan insomnia atau tubuh menjadi sulit tidur. Biasanya, pada kondisi seperti ini akan timbul keinginan untuk terus bermain sehingga menimbulkan kegelisahan. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan yang lebih parah.

2. Otak Tidak Memiliki Waktu yang Cukup untuk Beristirahat

Tak hanya tubuh yang kurang istirahat saja, namun organ dalam pun akan mengalami hal yang sama. Namun, hal ini bisa dihindari jika kamu tidak menatap layar terlalu lama. Selain itu, perlu diketahui juga kalau otak pun wajib dan butuh istirahat dengan baik setelah seharian beraktivitas.

Kelelahan pada otak akan membuat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi menjalani aktivitas pada hari berikutnya. Hal ini disebabkan karena otak masih memerlukan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

3. Mengalami Gangguan Pada Organ Penglihatan

Dampak menatap layar terlalu lama cukup mudah dirasakan oleh mata. Bagian tubuh di indra penglihatan ini memang rawan terjadi gangguan karena paparan cahaya dari layar yang membuat retina mata menjadi sangat tegang. Jika hal ini dilakukan terus menerus dapat menimbulkan efek samping lebih parah seperti angka minus yang semakin tinggi di mata, terjadi katarak, hingga berisiko mengalami kebutaan.

4. Menimbulkan Rasa Pusing

Tuntutan pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab menatap layar terlalu lama yang sering kamu alami. Gangguan di sekitar area kepala pun akan semakin banyak timbul, salah satunya rasa pusing. Biasanya itu merupakan sebuah peringatan bahwa tubuh kamu wajib dijaga dengan baik.

Segera berikan pertolongan pertama pada tubuh jika mengalami gangguan tersebut. Pejamkan mata untuk sesaat sambil tiduran lalu, duduk dan minumlah air putih hingga tenang.

5. Mudah Terserang Masuk Angin

Masuk angin memang menjadi salah satu gangguan yang sering dialami oleh orang Asia, khususnya Indonesia. Hal ini dapat disebabkan oleh menatap layar terlalu lama yang akan mengakibatkan kelelahan dan membuat daya tahan tubuh menurun, serta dapat menyebabkan masuk angin.

Nah, maka dari itu kamu pun harus segera minum obat herbal terstandar untuk mengatasinya. Kamu dapat memilih produk dari Sido Muncul yang telah dipercaya selama puluhan tahun untuk menjaga, mencegah, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan rutin mengonsumsi Tolak Angin. Tersedia juga varian lainnya berupa Tolak Angin Bebas Gula, permen Tolak Angin, hingga Tolak Angin Care. Produk ini bisa kamu temukan pada toko obat terdekat. Setelah itu, pastikan kamu juga mengunjung situs resminya di www.tolakangin.co.id agar tidak ketinggalan berbagai informasi seputar tips dan trik menjaga tubuh agar selalu sehat.

Latest News