tips menghindari demam berdarah

5 Ciri Demam Berdarah & Tips Menghindarinya Agar Tidak Terpapar

2020-04-14 01:49:11 NOP

Penyakit tidak hanya ditularkan dari manusia ke manusia. Namun, berbagai virus juga dapat ditularkan melalui hewan ke manusia, sehingga saat sistem imun dalam tubuh sedang menurun, kamu akan lebih mudah tertular dan menularkan orang disekitarmu.

Salah satu penyakit yang mudah menular dari hewan yakni demam berdarah. Biasanya penyakit ini akan menular saat musim hujan karena perkembangan nyamuk aedes aegypti lebih banyak berkembang, khususnya pada tempat yang memiliki banyak genangan air. Penyakit ini umumnya ditandai dengan jumlah trombosit yang semakin menurun. Akan tetapi, ada beberapa ciri lainnya yang perlu kamu ketahui, seperti berikut ini.

Mengalami Demam Tinggi

Ciri demam berdarah yang sering muncul di awal gejalanya yaitu demam dengan suhu yang tinggi. Meskipun tak hanya terjadi ketika mengalami gejala demam berdarah saja, namu ciri ini memang sangat umum dirasakan pada gejala penyakit lainnya. Tetapi, yang membedakannya dari demam biasa, adalah pada tinggi suhunya.

Jika kamu mengalami demam berdarah, suhu tubuh yang dirasakan dapat mencapai hingga 40 derajat Celcius dan tidak diikuti oleh gejala lainnya seperti flu atau batuk.

Terasa Mual Hingga Muntah

Salah satu ciri demam berdarah yang sering dirasakan oleh penderitanya ada pada gangguan pencernaan. Kamu akan mual dan muntah cukup sering dialami sehingga membuat area perut dan punggung menjadi terasa tidak nyaman. Biasanya gejala ini akan dirasakan oleh penderita demam berdarah selama 2 hingga 4 hari.

Mengalami Sakit Kepala

Selain itu, para penderita demam berdarah juga akan merasakan sakit pada kepala, dahi, hingga ke area mata. Gejala ini memang cukup umum terjadi setelah kamu mengalami demam dengan suhu yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu dapat mengurangi rasa sakit tersebut dengan mengompresnya menggunakan air dingin. 

Terasa Sakit dan Nyeri Otot

Setelah sakit, gejala-gejala demam berdarah akan terus berlanjut. Biasanya akan diikuti dengan rasa nyeri pada bagian otot dan sendi. Sehingga, tubuh akan merasa menggigil dan berkeringat. Hal ini terjadi karena tubuh sedang berjuang melawan virus demam berdarah sehingga membuat tubuh mudah merasakan nyeri. 

Tubuh Mudah Lelah

Saat tubuh merasakan berbagai sakit seperti demam, nyeri, hingga sakit kepala akan membuat tubuh mudah merasa lelah. Hal ini dirasakan oleh tubuh karena tenaga yang dimiliki semakin melemah serta didukung oleh menurunnya nafsu makan. Dengan begitu tubuh akan semakin tidak memiliki tenaga untuk melawan penyakit yang satu ini.

Oleh sebab itu, kamu harus mengisi ulang tenaga yang hilang dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan mengandung gizi yang pas dan cukup untuk kesehatan tubuhmu.

Untuk menghindari agar kamu tidak terserang penyakit demam berdarah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan seperti kamar mandi, tempat tinggal, dan berbagai area lainnya. Lalu, jangan lupa lindungi tubuh dari gigitan nyamuk dengan memakai lotion atau minyak pelindung.

Selain itu, kamu juga wajib menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil dengan meminum obat herbal dalam kemasan dari Sido Muncul yaitu halal dan bersertifikat MUI. Hal ini telah dilakukan oleh banyak orang di Indonesia sejak dulu. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai produk-produk Sido Muncul lainnya dengan klik www.tolakangin.co.id sekarang juga!

Latest News