5 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi yang Bisa Dilakukan

2020-03-03 23:02:36 NOP

Saat bayi menangis tanpa alasan sering membuat para orang tua menjadi bingung. Hal ini memang sering terjadi pada bayi yang berusia 0 hingga 3 bulan. Biasanya hal seperti itu bisa disebabkan karena perut kembung menyerang si Kecil karena proses pencernaannya belum terbentuk secara sempurna.

Selain itu, seiring bertambahnya usia bayi makan perut kembung masih bisa terjadi. Terutama saat si Kecil mulai belajar mengenali makanan baru baginya. Walaupun hal ini memang wajar terjadi pada bayi yang baru lahir, namun jika tidak diatasi dengan benar dapat berdampak kurang baik pada si Kecil. Berikut ini ada 5 cara mengatasi masuk angin pada bayi yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Mengatur Posisi Bayi Saat Menyusui

Cara paling mudah untuk mengatasi masuk angin pada bayi adalah dengan mengatur posisinya saat sedang menyusui. Pastikan, kepalanya berada lebih tinggi daripada bagian perutnya. Hal ini bertujuan agar saat ASI diminum si Kecil maka angin akan keluar, karena pada posisi ini bayi akan lebih mudah bersendawa, loh.

Selain itu, saat bayi kamu sedang menyusui menggunakan botol, kamu dapat memiringkan sedikit posisinya agar tidak ada gelembung udara pada ujung dotnya. Namun, jangan terlalu tegak ya agar bayi tidak tersedak.

  1. Pastikan Bayi Bersendawa

Setelah menyusui bayi, kamu harus memastikan kalau si bayi sudah bersendawa, karena si bayi akan lebih rewel saat tidak bisa bersendawa. Agar mudah mengatasi masuk angin pada bayi, kamu dapat menggendongnya dengan posisi kepala di atas dan kaki di bawah lalu, usap-usap punggungnya.

Tunggu beberapa saat hingga ia dapat bersendawa dan mengeluarkan angin dari tubuhnya.

 

  1. Menghangatkan Tubuh Bayi

Bayi yang sering menangis karena masuk angin memang cukup membingungkan. Untuk mengatasi kembung pada bayi, kamu bisa mencoba untuk menghangatkan bagian perut dan punggungnya dengan menggunakan minyak telon. Setelah itu, kamu juga bisa sambil memijat tubuhnya secara perlahan. Cara ini dapat membuat bayi menjadi lebih nyaman dan membaik.

Jika bayi sudah mulai tenang, kamu juga dapat membantu mengatasi kembung pada bayi dengan menggerakkan kakinya pada posisi terlentang. Gerakkan ini dapat membuat bagian perutnya bergerak dan anginnya lebih mudah keluar, loh.

  1. Tummy Time Pada Bayi

Bermain bersama bayi dengan posisi tummy time atau biasa dikenal dengan posisi tengkurap ternyata menjadi salah satu posisi yang disukainya, loh. Tidak hanya membuatnya nyaman, tetapi juga dapat melatih saraf motoriknya. Selain itu, berada di posisi ini memudahkan si Kecil untuk mengatasi kembung karena angin dapat lebih mudah keluar.

  1. Bermain Bersama Bayi

Jika ia mulai kesulitan untuk mengeluarkan gas, sebaiknya ajaklah bermain bersama. Cara ini dapat membantu mengatasi masuk angin pada bayi karena saraf motoriknya dapat aktif bergerak.

Oleh karena itu, angin akan lebih mudah dikeluarkan dengan sendirinya.

Nah, itulah cara mengatasi masuk angin pada bayi yang dapat dicoba, khususnya bagi para bunda. Setelah si Kecil mulai diberi makanan pendamping ASI, jika terjadi masuk angin maka kamu dapat memberikannya Tolak Angin Anak. Produk jamu dalam kemasan ini dapat membantu mengatasi gejala masuk angin.

Jika kamu akan memberikannya pada anak berusia dibawah 1 tahun, maka berikan ½ bungkus Tolak Angin Anak atau dapat juga ditambahkan dengan ½ gelas air hangat. Pada usia 2 tahun ke atas kamu bisa memberikannya 1 bungkus. Tentunya produk ini aman untuk dikonsumsi si Kecil karena menggunakan bahan herbal berkualitas dan telah lulus uji pra klinik. Jadi, jangan lupa selalu sediakan Tolak Angin Anak untuk si Kecil, ya.

Latest News