5 Cara Mengatasi Flu Saat Bulan Puasa yang Bisa Dilakukan

2020-03-03 23:04:54 NOP

Menjalani puasa di bulan puasa memang cukup mudah dilakukan saat kondisi sedang sehat. Namun, jika tubuh terserang flu saat puasa tentunya hal ini cukup mengganggu. Tubuh akan terasa lebih lemah daripada biasanya. Selain itu, kamu jadi tidak dapat menikmati proses selama menjalani puasa dan proses penyembuhannya pun menjadi cukup lama.

Cukup merugikan, bukan? Saat malam pun tidur kamu akan terganggu karena hidung yang tersumbat, susah bernafas dan berbagai gangguan lainnya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu terserang flu saat puasa seperti makan saat sahur terlalu sedikit, kurang asupan air putih, tidur yang tidak cukup, kurang olahraga, dan pergantian musim.

Flu juga merupakan salah satu penyakit menular. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini ada 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Jaga Pola Makan Sehat

Salah satu hal yang membuat kamu terserang flu saat puasa adalah tidak menjaga pola makan yang sehat. Kurangnya konsumsi sayur dan buah dapat mempengaruhi gizi menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, sebaiknya mulai saat ini kamu harus mulai makan dengan gizi yang seimbang saat berbuka atau pun sahur. Dengan cara ini dapat membantumu mempercepat cara mengatasi flu.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Hal tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan dan juga menambah penyakit lain seperti radang tenggorokan. Ada baiknya kamu memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan juga sayur-sayuran agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Untuk atasi flu saat puasa, kamu perlu memperbanyak konsumsi air putih saat berbuka hingga sahur. Minimal 12 gelas per harinya atau lebih. Air dapat membantu tubuh untuk menghilangkan bakteri jahat yang akan dikeluarkan melalui urin. Jika kamu ingin minum selain air putih, tambahkan teh hangat dan daun peppermint di dalamnya. Berikan madu sebagai pengganti gula yang lebih sehat untuk tubuh.

  1. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Cara termudah untuk atasi flu saat puasa adalah dengan cukup istirahat. Sebaiknya kurangi dahulu berbagai aktivitas yang padat dan biarkan tubuh memanfaatkannya untuk memulihkan kondisi badanmu. Cukup istirahat dirumah tanpa melakukan kegiatan yang berat. Hal tersebut dilakukan agar aliran darah dapat lebih lancar dan daya tahan tubuh menjadi membaik. Usahakan untuk tidur minimal 8 jam per hari atau lebih saat sedang sakit.

  1. Hindari Stres Saat Puasa

Stres dapat menjadi pemicu terjadi nya flu saat puasa.Bila hal tersebut terjadi, tubuh akan mudah terserang flu dan semakin lemah. Sebaiknya, manfaatkan waktu istirahat kamu untuk menenangkan pikiran dari berbagai masalah yang membuat stres berlebihan. Lebih baik kamu mencari kegiatan yang dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks seperti membaca novel, atau komik. Jika kamu perlu berinteraksi dengan orang lain sebaiknya gunakan masker agar tidak menularkan flu pada lawan bicara.

  1. Minum Tolak Angin Flu

Tolak Angin telah dipercaya mampu mengatasi berbagai gejala masuk angin dan juga flu. Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebaiknya konsumsilah Tolak Angin Flu yang telah dipercaya selama puluhan tahun.

Itulah cara mengatasi flu saat puasa. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan Tolak Angin Flu ya.

Latest News