cara melegakan tenggorokan

5 Cara Melegakan Tenggorokan Dengan Pengobatan Tradisional

2020-04-01 00:48:22 NOP

Tenggorokan yang gatal dapat menunjukkan berbagai macam hal, seperti alergi, demam, serta batuk. Namun, terkadang hal ini bisa juga dipicu oleh polutan yang telah kamu hirup tidak sengaja sepanjang hari. Apapun penyebabnya, kamu mungkin perlu mencari cara melegakan tenggorokan yang efektif untuk membantu meredakan kondisi yang sedang dialami, seperti pelega tenggorokan herbal dan juga tradisional.

Memang betul, beberapa kondisi dengan gejala ini bisa jadi membutuhkan pengobatan dari para ahli kesehatan. Namun, pelega tenggorokan yang terbuat dari bahan-bahan alami dapat kamu jadikan langkah pencegahan atau untuk membantu upaya kamu meredakan gatal pada tenggorokan.

Apakah kamu tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak beberapa resep dan cara melegakan tenggorokan dengan pengobatan alami berikut ini!

Cuka Sari Apel dengan Madu

Cuka sari apel atau apple cider vinegar memiliki banyak fungsi, termasuk untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi dengan kandungan asam asetatnya. Kamu bisa memanfaatkan fungsi ini untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan kamu, apabila gatal memang berasal dari infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan.

Caranya adalah, dengan menuangkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air hangat. Namun, jika kamu ingin menyembunyikan rasa cuka sari apel yang asam, kamu dapat menambahkan satu sendok madu alami ke dalam gelas tersebut.

Jus atau Air Lemon

Membran mukosa (lapisan kulit dalam, yang tertutup pada epitelium) menghasilkan lendir guna menjaga kelembaban saluran pernapasan. Ketika produksi lendir menjadi berlebihan, hal ini tentu akan mengganggu. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh alergi, penyakit, atau faktor lingkungan, seperti udara yang terlalu kering.

Jika tenggorokanmu gatal atau sakit karena demam atau flu, air lemon akan sangat bermanfaat. Air lemon dapat membuat lendir mengalir dan tidak membuat tenggorokan gatal lagi. Terlebih lagi, jus lemon juga mengandung banyak sekali antioksidan serta Vitamin C yang dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh kamu.

Teh Peppermint

Peppermint tea atau teh peppermint memiliki senyawa yang membantu meredakan radang pada tenggorokan. Belum lagi, teh peppermintjuga ini memberikan sensasi dingin pada tenggorokan yang bisa membantu membuatnya jadi terasa lebih lega.

Agar mendapatkan khasiat yang terbaik, hidangkan teh pepermin dengan secangkir air hangat. Jangan khawatir akan rasanya, karena teh peppermint tergolong memiliki rasa yang lebih manis dan enak untuk disantap langsung.

Air Garam

Berbeda dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya, air garam tidak untuk diminum, melainkan untuk kamu gunakan berkumur. Kamu perlu mencampur 1 sendok teh ke dalam air hangat dan mengaduknya hingga larut. Kemudian, kamu dapat berkumur selama 10–30 detik dan diulangi 3 kali sehari.

Air garam berfungsi untuk membunuh mikroba jahat pada tenggorokan serta membantu mengeluarkan lendir atau mukosa yang menyangkut di tenggorokan.

Air Jahe

Pelega tenggorokan lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah Jahe. Mampu membantu meredakan tenggorokan gatal melalui tiga cara. Pertama, rasa hangat air jahe dapat meredakan tenggorokan yang sedang meradang dan mempercepat masa penyembuhan. Kedua, air jahe dapat memperkuat daya tahan tubuh agar lebih mampu melawan virus penyebab radang. Ketiga, jahe memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mencegah infeksi bakteri pada tenggorokan. Hebat, kan?

Kamu dapat mengkonsumsinya dengan mengunyah dan menelan langsung atau dicampur dengan teh. Kemudian, untuk rasa yang lebih nikmat lagi, kamu bisa mencampurnya dengan madu.

Nah, itulah tadi beberapa resep pelega tenggorokan alami yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, cara-cara tadi dirancang agar dapat kamu lakukan sendiri sebagai langkah awal untuk meredakan gejala tenggorokan dan mencegah kondisi yang lebih serius serta membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Tapi, jika bahan-bahan yang telah disebutkan tidak tersedia, kamu juga bisa mengonsumsi permen pelega tenggorokan yang mudah untuk didapatkan, seperti Permen Jahe Wangi dari Sido Muncul. Permen ini terbuat dari ekstrak jahe alami dengan rasa manis dan hangat yang dapat menghangatkan serta membantu tenggorokanmu agar menjadi lebih segar.

Latest News