manfaat kunyit asam

4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

2020-04-01 00:42:04 NOP

Para penikmat jamu mungkin sudah terbiasa meminum kunyit asam. Pasalnya, kunyit asam merupakan salah satu minuman herbal populer yang sangat sering dijual oleh para penjual jamu tradisional dan sering dinikmati oleh banyak orang. Namun, jika kamu belum terlalu familiar, kamu mungkin akan bertanya-tanya seputar manfaat kunyit asam dan juga dari mana minuman berkhasiat ini berasal.

Kunyit asam adalah minuman jamu tradisional yang terbuat dari perpaduan tanaman kunyit dan juga buah asam jawa. Seperti namanya, kunyit asam memberikan rasa yang asam. Umumnya, minuman ini dihidangkan beserta gula pasir atau gula merah untuk memperkaya rasa asam ini hingga menjadi nikmat. Rasa asamnya yang khas tersebut dapat memberikan kesegaran pada tubuh secara langsung.

Namun bukan hanya itu alasan orang mengonsumsi kunyit asam. Minuman berkhasiat ini juga menawarkan berbagai manfaat lainnya yang mampu merawat kesehatan tubuh kamu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kamu ingin tahu berbagai manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini!

Sebagai Minuman Detox

Detox atau detoksifikasi merupakan proses mengeluarkan racun dari sistem tubuh yang umumnya dilakukan dengan cara meminum ramuan alami. Kini, banyak sekali produk yang dijual untuk memberikan manfaat ini. Masalahnya adalah kebanyakan dari produk-produk minuman detox dapat terlalu mengocek kantong.

Tapi, jangan khawatir karena manfaat kunyit asam untuk melakukan detox boleh diadu. Hal ini karena minuman kunyit asam mengandung berbagai macam antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas dan toksin yang ada di dalam tubuh. Belum lagi, kandungan kurkumin pada kunyit asam juga dipercaya dapat memicu produksi enzim antioksidan pada tubuh kamu.

Melawan Radang

Selain itu, kurkumin yang ada pada kunyit asam ternyata juga bermanfaat untuk melawan peradangan dalam tubuh. Bahkan, khasiatnya bisa disamakan dengan obat anti radang, namun tanpa efek samping. Keefektifan ini juga dapat membantu kamu menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti penyakit-penyakit jantung, Alzheimer, arthritis, bahkan kanker.

Meredakan Nyeri Datang Bulan

Kurkumin disinyalir dapat mengatur hormon prostaglandin yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Hal ini akan bermanfaat apabila kamu sedang di tengah menstruasi dan merasakan nyeri sebagai akibatnya.

Namun, bukan hanya itu saja, lho! Asam jawa pada minuman kunyit asam juga dapat meredakan aktivitas kontraksi rahim dan membuat rasa sakit pada haid menjadi berkurang. Ini karena asam jawa dapat memengaruhi sistem saraf agar dapat memberikan sinyal kepada area otot dinding rahim kamu.

Belum lagi, kunyit asam juga dipercaya membawa efek lain yang membuat masa datang bulan menjadi baik. Sebagai contoh adalah manfaat kunyit asam dalam mengencerkan darah menstruasi serta melancarkan proses menstruasi.

Menurunkan Berat Badan

Tidak berhenti sampai situ, khasiat kurkumin juga bisa kamu rasakan dalam upaya diet untuk menurunkan berat badan. Khasiat melawan peradangan yang telah disebutkan di atas rupanya juga mempengaruhi otot, lemak, serta sel pankreas. Kemudian, hal ini dipercaya dapat membantu kamu mengurangi lemak serta mengatur metabolisme tubuh yang berakibat pada penurunan berat badan secara sehat.

Itulah tadi beberapa manfaat kunyit asam yang perlu kamu ketahui. Kunyit asam menawarkan banyak manfaat serta kekayaan cita rasa rempah Indonesia ke dalam satu gelas minuman yang dapat kamu nikmati dengan mudah.

Apabila kamu menyukai rasanya, kini terdapat cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan mengonsumsi Permen Kunyit Asam dari Sido Muncul. Permen manis ini terbuat dari perpaduan kunyit dan buah asam segar yang berguna untuk menyegarkan tenggorokan kamu.

Latest News