4 Manfaat Kapulaga untuk Masuk Angin yang Sebaiknya Diketahui

2020-03-03 00:02:22 NOP

Semua orang pasti pernah mengalami masuk angin, karena masalah yang satu ini memang sering menyerang siapa saja. Masuk angin sendiri muncul karena di dalam tubuh Anda ada banyak gas yang berkumpul. Masuk angin bisa terjadi karena disebabkan berbagai faktor, seperti kelelahan, sulit buang angin, stres, salah makan, atau suhu udara yang terlalu dingin.

Untuk mengatasi masuk angin, bisa dengan mengandalkan tanaman herbal, salah satunya adalah kapulaga. Kapulaga idealnya tumbuh di daerah dataran tinggi yang terlindungi sinar matahari dan berudara sejuk Ciri khas dari tanaman kapulaga, yakni sekilas hampir sama dengan tanaman laos. Tinggi tanaman bisa berukuran dua sampai tiga meter. Biasanya manfaat kapulaga dijadikan bumbu masakan Timur Tengah dan India karena bisa memberikan cita rasa berbeda pada masakan dan aroma yang kuat.

Kandungan Kapulaga

Di dalam kapulaga terdapat berbagai kandungan seperti borneol, gula, minyak atsiri, protein, sineol, terpineol, dan sedikit lemak. Berdasarkan kandungan tersebut, terdapat manfaat kapulaga untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti batuk, mual, nyeri otot dan pegal, serta perut kembung.

Mengobati Batuk

Manfaat kapulaga ternyata juga bisa mengatasi batuk karena bisa memberikan efek untuk mengencerkan dahak dan menenangkan tenggorokan. Kapulaga juga bisa memberikan efek hangat sehingga mencegah tubuh kedinginan.

Perut Kembung dan Mulas

Berkat kandungan zat pati, minyak lemak, minyak atsiri, dan protein manfaat kapulaga bisa membantu menghangatkan tubuh, mengurangi produksi gas, dan meredakan perut kembung serta menghilangkan rasa mulas yang menjadi penyebab masuk angin.

Mengatasi Mual

Aroma kuat dan menenangkan yang dimiliki oleh kapulaga bisa membantu mengurangi mual yang dialami.

Mengatasi Pegal dan Nyeri Otot

Salah satu gejala masuk angin adalah pegal atau nyeri otot. Nah, salah satu manfaat dari kapulaga adalah bisa meredakan gejala tersebut. Ini berkat sifat dari kapulaga analgesik yang bisa meredakan pegal dan rasa nyeri. Kapulaga sendiri memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meringankan peradangan dan rasa nyeri yang dirasakan.

Itu tadi manfaat kapulaga untuk meredakan masuk angin yang perlu diketahui. Sebagai obat mengatasi masuk angin, kapulaga bisa diolah menjadi ramuan herbal. Namun, agar lebih praktis kamu bisa mengkonsumsi Tolak Angin

Tolak Angin adalah Obat Herbal Terstandar yang bisa mengatasi gejala masuk angin di atas karena di dalam Tolak Angin sendiri memiliki kandungan berbagai tanaman herbal selain kapulaga, ada juga adas, daun mint, jahe, madu, daun cengkeh.

Selain bisa mengatasi masuk angin, Tolak Angin bisa menambah daya tahan tubuh dan mencegah mabuk perjalanan. Kamu bisa mengkonsumsi Tolak Angin ketika kondisi sebelum melakukan aktivitas yang padat, ketika merasa kecapekan, melakukan perjalanan jauh, dan ketika kurang tidur. Produk Tolak Angin Cair ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko obat dan minimarket terdekat. Dapatkan informasi menarik mengenai kesehatan serta varian produk Tolak Angin di https://tolakangin.co.id.

Latest News