4 Alasan Mengapa Para Penderita Diabetes Sering Terasa Kembung

2020-03-03 22:35:54 NOP

Perut kembung merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami oleh para penderita diabetes. Saat kondisi ini terjadi, tentu kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja. Biasanya, kembung disebabkan oleh beberapa hal yang sering diabaikan, sehingga dapat menyebabkan sering terulang kembali.

Hal seperti ini tentunya sangat tidak enak jika dialami oleh para penderita diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan terjadinya kembung. Yuk, simak beberapa alasan mengapa para penderita diabetes sering terasa kembung agar kamu dapat dengan mudah mengatasinya.

  1. Banyak Menelan Udara

Jika kamu menelan banyak udara tetapi tidak dapat mengeluarkannya melalui sendawa, maka udara tersebut akan mengalir menuju saluran pencernaan dan dilepaskan melalui anus. Bagaimana jika hal tersebut tidak terjadi? Udara tersebut akan berkumpul di perut dan para penderita diabetes akan merasakan kembung. Untuk menghindarinya, ada baiknya kamu mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh, salah satunya adalah jahe, karena mampu memberikan rasa hangat dan juga pedas ketika dikonsumsi.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Gas

Berbagai macam makanan dapat menjadi salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan perut terasa kembung dan kandungan gas yang cukup tinggi di dalamnya. Beberapa makanan yang mengandung gas tinggi dan sebaiknya dihindari adalah: kol dan kembang kol, brokoli, ubi, singkong, serta kentang.

Karena, makanan tersebut mengandung lebih banyak gas dan dapat menyebabkan perut kembung dengan mudah. Selain itu, untuk kamu para penderita diabetes juga harus menghindari dan mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti, kulit ayam, gajih, dan jeroan. Sebaiknya konsumsi nasi merah dan beras hitam daripada nasi putih, ya.

  1. Meminum Banyak Pemanis Buatan Secara Berlebihan

Jika kamu masih sering menggunakan pemanis buatan terlalu banyak, hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perut terasa kembung. Tak jarang banyak yang mengonsumsi pemanis buatan, contohnya yang mengandung sorbitol. Sorbitol yang merupakan senyawa kimia ini adalah”gula alkohol dengan rasa manis yang dimetabolisme dengan lambat oleh tubuh manusia. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan pemanis buatan, karena dapat menyebabkan perut kamu akan terasa kembung dan penuh dengan gas. Untuk para penderita diabetes, sangat disarankan juga mengkonsumsi gula khusus, ya.

  1. Kandungan yang Ada di Dalam Obat Diabetes

Para penderita diabetes biasanya memiliki beberapa jenis obat yang wajib untuk diminum. Biasanya di dalamnya terdapat kandungan yang mirip dengan Sorbitol, seperti salah satunya metformin. Jika kembung terus menerus terjadi, segera lakukan konsultasi pada dokter yang menangani kamu. Biasanya dokter akan berusaha mencari obat pengganti yang lebih cocok.

Nah, jika kamu merasakan gejala kembung sebaiknya konsumsilah Tolak Angin Bebas Gula. Produk ini aman untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena formulanya telah disesuaikan. Berbagai gejala masuk angin yang kamu rasakan dapat segera diatasi dengan baik. Selain itu, saat ini telah tersedia permen Tolak Angin Bebas Gula rasa mint khusus untuk kamu yang tidak dapat mengonsumsi gula.

Produk Tolak Angin Bebas Gula ini dapat kamu konsumsi dengan aman saat merasa kembung. Jadi, jangan lupa selalu sediakan produk Tolak Angin Bebas Gula ini untuk mencegah gejala perut kembung yang kamu alami ya.

Latest News