3 Jenis Jahe di Indonesia Serta Kegunaannya yang Perlu Diketahui

2020-03-10 03:45:00 NOP

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang selalu dicari oleh sebagian besar orang, khususnya yang tinggal di daerah dataran tinggi tropis. Biasanya penduduk lokal membutuhkan jahe untuk menghangatkan tubuh dengan membuatnya menjadi minuman atau camilan.

Tahukah kamu, ada berapa jenis jahe di Indonesia? Sebenarnya, ada banyak macam-macam jahe di Indonesia yang bisa dijumpai. Namun, ada 3 jenis jahe yang paling populer dan mudah dijumpai. Yuk, ketahui kegunaannya berikut ini.

  1. Jenis Jahe Merah

Jenis jahe yang satu ini memang cukup unik karena hanya ada pada bulan tertentu saja. Walaupun lebih lengkap daripada jenis lainnya namun, jahe merah tetap memiliki banyak peminat. Kelebihan dari jahe ini ada pada kandungan minyak atsirinya yang paling tinggi sehingga, mempunyai rasa sangat pedas. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan dalam obat-obatan tetapi pada daerah tertentu, penduduknya sering menjadikannya sebagai bahan masakan juga, loh. Kamu bisa mendapatkan jahe ini dalam bentuk segar dan kering.

  1. Jenis Jahe Kuning Berukuran Besar

Salah satu macam jahe terbaik yang memiliki bentuk paling besar dan warna kuning lebih dikenal sebagai jahe gajah atau badak. Bentuk ruas rimpang yang dimilikinya lebih menggembung daripada jenis lainnya. Namun, tidak mempunyai rasa yang terlalu pedas. Pilihan jahe ini sangat cocok digunakan sebagai bumbu masak baik dalam bentuk segar atau olahan, kamu bisa menggunakan sesuai dengan selera.

  1. Jenis Jahe Kecil

Jahe yang memiliki ukuran lebih kecil ini dikenal dengan jahe sentil atau jahe emprit. Biasanya akan dipanen pada usia tua. Kandungan minyak yang dimilikinya pun lebih tinggi daripada jahe gajah sehingga, mempunyai rasa lebih pedas. Selain itu, serat di dalamnya juga cukup tinggi. Oleh karena itu, jahe ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan membuat minuman penghangat atau pun sebagai obat tradisional seperti jamu. Untuk kamu yang ingin membelinya, sangat mudah menjumpainya di pasaran.

Itulah 3 jenis jahe di Indonesia serta kegunaannya masing-masing. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah dipercaya oleh konsumen selama puluhan tahun untuk memproduksi obat herbal terstandar dalam kemasan kecil. Sangat memudahkan kamu untuk mengkonsumsinya, bukan

Selain itu, kandungan jahe dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi berbagai masalah pencernaan, hingga mencegah berbagai jenis penyakit lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menjadikannya sebagai bahan dalam pembuatan obat herbalnya.

Dilengkapi dengan 11 bahan herbal berkualitas lainnya, produk ini mengeluarkan beberapa jenis produk seperti Tolak Angin Cair, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Bebas Gula. Selain itu, tersedia juga permen dari Tolak Angin yang dapat membantu melegakan tenggorokan. Jika dalam keadaan pusing, kamu juga dapat menggunakan Tolak Angin Care.

Sebagai orang tua, kamu juga tidak perlu khawatir karena telah tersedia juga Tolak Angin Anak yang dibuat khusus dengan formula yang tepat sehingga, aman untuk dikonsumsi. Jadi, dengan berbagai produk yang dibuat oleh PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, akan membuat harimu lebih baik. Selalu sediakan produk-produk dari Tolak Angin ya agar tetap sehat dan semangat dalam menjalani hari.

Latest News