Adas, tanaman herbal mungil yang serbaguna

Tanaman adas menjadi salah satu dari banyak tanaman herbal mungil serbaguna yang sering digunakan sebagai bumbu masak dan sayuran. Seperti halnya jahe, tanaman herbal ini juga dapat ditanam dengan mudah di halaman rumah sebagai obat herbal keluarga

Selengkapnya

Tanaman adas menjadi salah satu dari banyak tanaman herbal mungil serbaguna yang sering digunakan sebagai bumbu masak dan sayuran. Seperti halnya jahe, tanaman herbal ini juga dapat ditanam dengan mudah di halaman rumah sebagai obat herbal keluarga. Mungkin kamu juga sering menjumpainya pada tukang jamu. Tukang jamu sering meraciknya menjadi obat herbal yang memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi kesehatan. Selain daunnya seluruh bagian tanaman ini termasuk buahnya pun sering digunakan untuk pengobatan herbal.

Tanaman adas adalah tanaman perdu yang mencapai ketinggian 2 meter dengan bau yang harum. Tiap-tiap daun adas sendiri bisa mencapai panjang 40 cm, dengan bentuk seperti pita. Tanaman adas juga memiliki bunga, dengan warna bunga umumnya berwarna kuning dengan bentuk yang kecil. Daun dari tanaman adas sendiri merupakan sumber makanan dari larva-larva dari ngengat.

Tanaman adas yang seringkali diekstrak ke dalam bentuk minyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Kita simak dulu yuk, beberapa manfaat minyak adas.

1. Membantu penyerapan nutrisi
Makanan yang kita makan sehari-hari akan diproses oleh tubuh menjadi energi dan membantu mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Nah, dengan minyak adas ini proses tersebut akan menjadi lebih mudah. Nutrisi dari makanan akan lebih optimal diserap oleh tubuh dengan bantuan dari minyak adas.

2. Mencegah sembelit
Tanaman herbal mungil serbaguna adas memiliki serat atau kandungan fiber yang cukup tinggi. Serat yang tinggi ini mampu membersihkan usus besar sehingga kita terhindar dari resiko sembelit. Pencernaan yang lancar membuat kamu memperoleh kesehatan tubuh yang ideal.

3. Mengobati dan mencegah gejala anemia.
Anemia adalah gejala dimana tubuh mengalami defisiensi atau kekurangan darah. Gejala anemia biasanya lemas, mudah lelah, dan sering pusing. Keadaan seperti ini tentu membuat kamu rentan terserang penyakit. Dengan minyak adas gejala anemia bisa segera diobatai secara alami.

4. Mengobati dan mencegah radang lambung
Kandungan mineral dan senyawa yang terbentuk dari tanaman herbal mungil serbaguna adas ini sangat efektif untuk mengobati gangguan lambung. Lambung yang mengalami peradangan akan menyebabkan kamu merasakan perih dan mual sehingga mengganggu aktivitas kamu.

5. Menghilangkan bau mulut
Minyak adas bisa juga untuk menghilangkan bau mulut. Dengan sifat anti bakterinya, minyak adas mampu untuk membunuh berbagai macam bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa mencoba untuk berkumur atau menambahkan minyak adas ke dalam menu makanan kamu untuk membantu membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut.

Wah, banyak juga manfaat dari tanaman adas ya. Ternyata tanaman herbal mungil serbaguna ini menjadi alasan Tolak Angin Sido Muncul menggunakan minyak adas sebagai salah satu bahan racikannya. Apa di Taman Toga kamu, sudah ada tanaman adas juga?