•  

    Proses

    Pembuatan

    Awalnya, bahan-bahan Tolak Angin, seperti : jahe, daun mint, cengkeh, dan buah adas, disortir terlebih dahulu dan diperiksa oleh tim QC, sebelum dilakukan proses pencucian dan pengeringan. Setelah itu, bahan baku tadi akan ditimbang dan digiling, serta di-screening, agar terhindar dari kontaminasi logam. Barulah kemudian dilakukan proses ekstraksi dan pengujian di laboratorium agar Tolak Angin tetap terjaga kualitasnya.

     

  •  

    Proses Penanganan Bahan Baku

    Semua bahan yang didapat dari petani, terlebih dahulu semua bahan baku itu disimpan di gudang simplisia kotor. Dari gudang simplisia kotor bahan baku kemudian akan disortir, dipilih hanya bahan yang terbaik yang digunakan sebagai bahan produk Tolak Angin. Setelah terpilih bahan-bahan terbaik yang bisa digunakan sebagai bahan baku Tolak Angin dari hasil pensortiran, bahan baku dicuci dan dikeringkan. Setelah semua bahan baku selesai dari proses pengeringan, bahan baku dibawa dan disimpan di gudang simplisia bersih sebelum digunakan.

  •  

    Proses Produk Serbuk

    Semua bahan baku yang akan digunakan dalam produk Tolak Angin dalam bentuk serbuk dibawa dan diproses di bagian frying, kemudian dimasukkan ke mesin grinding. Proses ini memakan waktu beberapa lama. Setelah selesai dari mesin grinding, semua bahan baku tadi dibawa ke bagian sieving yang kemudian disalurkan ke bagian packing primer untuk dikemas berbentuk kemasan kecil. Setelah semua bahan tadi selesai di packing menjadi produk Tolak Angin, saatnya produk ini dialirkan ke bagian packing sekunder untuk dikemas per karton atau kotak dan dapat dipasar kepada masyarakat.

  •  

    Proses Produk Serbuk Instan

    Semua bahan baku yang akan digunakan untuk produk serbuk instan, dimasukkan kedalam mesin super mixer untuk disatukan agar tercampur secara homogen. Setelah semua bahan tercampur, bahan baku ini dibawa lagi untuk dimasukkan ke mesin fluid bed dryer, dan selanjutnya dibawa dan dimasukkan ke mesin v-mixer. Didalam mesin ini, proses dilakukan selama beberapa saat. Dari mesin v-mixer, bahan dibawa ke bagian fill and seal untuk dikemas.

  •  

    Proses Produk Cair

    Semua bahan baku yang digunakan dimasukkan kedalam mixing tank untuk proses pencampuran. Setelah selesai, bahan baku dibawa ke mesin cooling tank. Dari cooling tank, bahan baku ini dibawa kebagian fill and seal untuk dikemas dalam kemasan kecil, kemudian kemasan-kemasan kecil itu disimpan di quarantine room selama beberapa waktu. Dari quarantine room, produk tolak angin ini dibawa ke bagian packing sekunder. Semua produk yang telak dikemas dalam kemasan besar di bagian packing sekunder kemudian dikemas dalam bentuk kardus di bagian cartoning.

  •  

    Proses Produk Permen

    Semua bahan baku dibawa untuk dimasak dalam mesin cooking yang kemudian setelah proses cooking selesai, bahan baku ini diproses lagi dengan mesin moulding selama beberapa lama. Dari mesin moulding bahan-bahan yang sudah hampir jadi dibawa ke mesin cooling untuk didinginkan. Kemudian permen-permen yang telah dingin ini dibawa ke bagian packing sekunder untuk di kemas per permen. Setelah dikemas, permen-permen ini dibawa ke staging area.