Tolak Angin History

Tahun 1930

Tolak Angin diformulasikan oleh Ibu Rachmat Sulistyo (Ny. Siem Thiam Hie) untuk keperluan keluarga. Dan hingga sekarang resep Tolak Angin masih tetap sama.

Tahun 1940

Tolak Angin dijual dalam bentuk jamu Godokan untuk masuk angin di wilayah Ketandan – Yogyakarta.

Tahun 1951

Sebelas tahun berlalu, Ibu Rachmat Sulistyo mendirikan pabrik Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Produk pertama Sido Muncul adalah Jamu Tolak Angin dalam bentuk serbuk.

Tahun 1992

Jamu serbuk Tolak Angin dikembangkan menjadi jamu Tolak Angin dalam bentuk cair seperti yang kita kenal sekarang ini.

Tahun 2002

Sido Muncul melakukan Uji Pra Klinik (Aman dan Berkhasiat) antara lain:

Uji Toksisitas: Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta melakukan Uji Toksisitas terhadap produk Tolak Angin, hasilnya Tolak Angin aman diminum dalam jangka panjang (sesuai dosis yang dianjurkan)

Uji Khasiat: Sido Muncul bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang melakukan Uji Manfaat / Khasiat terhadap produk Tolak Angin, hasilnya terbukti Tolak Angin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tahun 2007

Tolak Angin Sido Muncul mendapat sertifikat Obat Herbal Terstandar dari BPOM RI dan menjadi satu-satunya obat masuk angin yang mendapatkan sertifikat Obat Herbal Terstandar yang berarti bahan baku dan mutu produknya terstandarisasi saat itu.

Tolak Angin Sido Muncul adalah Obat Herbal Terstandar yang dapat mencegah dan mengatasi masuk angin dengan gejala – gejala seperti mual, perut kembung, pusing, demam dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dibuat dari bahan-bahan herbal berkhasiat seperti : jahe, daun mint, kayu ules, adas, daun cengkeh dan ditambah dengan madu. Diproses di pabrik modern berstandar GMP (Good Manufacturing Practices) dengan quality control yang ketat.

Sekarang

Setiap batch produksi Tolak Angin telah melalui Uji Quality Control sehingga bebas dari: Aflatoksin, Cemaran Mikroba, Logam Berat, Pupuk dan Bahan Haram.

Tolak Angin telah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI.