7 Tips menjaga kesehatan saat musim hujan

Hindari flu, masuk angin, dan badan pegal-pegal. 7 hal sederhana ini bisa menjadi cara utama buat kamu menjaga kesehatan di musim hujan.

Selengkapnya

Setelah panas terik kemarau berakhir, musim hujan dengan cepat menurunkan suhu iklim di sekitar kita dan seringkali membuat kita jatuh sakit. Penyakit paling umum saat awal musim hujan adalah flu, masuk angin, dan badan pegal-pegal. Berikut ini adalah 7 tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan:

Banyak minum air putih
Tubuh manusia sangat tergantung dengan air. Rata-rata tubuh manusia menampung sekitar 60% air, sel-sel manusia membutuhkan air untuk tetap hidup. Minum air putih teratur terbukti ampuh menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Begitu pula dengan Tolak Angin Cair yang terbukti efektif menjaga daya tahan tubuhmu dan mampu mengatasi gejala masuk angin. Nggak perlu menunggu rasa haus untuk minum air putih, minum secara teratur ya. Bila perlu campurkan secangkir air putih hangat dengan satu sachet Tolak Angin Cair.

Minum rebusan jahe
Setiap sore selesai aktivitas minumlah rebusan jahe. Jahe terbukti secara medis mengatasi gangguan pencernaan, pusing/sakit kepala, mengurangi gejala pilek/flu, dan bisa menjadi obat masuk angin yang aman diminum setiap hari.

Cukup istirahat.
Walaupun memiliki pekerjaan yang padat, jangan lupa untuk tetap menyayangi tubuhmu dengan beristirahat yang cukup. Durasi tidur yang ideal adalah minimal 6 jam sehari.

Jangan memakai pakaian yang belum terlalu kering (lembab)
Salah satu masalah umum di musim hujan adalah pakaian yang sulit kering, hal ini dapat membantu perkembangan bakteri. Jadi, pakailah pakaian yang kering.

Jaga kebersihan diri
Kurangnya paparan sinar matahari pada saat musim hujan membuat bakteri dan virus mudah berkembang biak. Usahakan selalu higienis sepanjang hari. Cucilah tanganmu sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah melakukan aktivitas apapun. Jika perlu, sediakan cairan antikuman dalam tasmu.

Olahraga teratur
Jika biasanya di musim terang, kamu dan rekan selalu menyempatkan diri bermain futsal, basket, dan olahraga lainnya, mungkin di musim penghujan frekuensinya berkurang. Usahakan untuk selalu tetap bugar dengan misalnya berjalan naik turun tangga di rumah atau kantor, melakukan treadmill, sit up, planking, dsb.

Perbanyak serat dan vitamin
Mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur terbukti memperlancar pencernaan dan menghindari kamu dari berbagai penyakit. Seandainya kamu terpaksa harus membeli makanan di luar, perhatikan komposisi nutrisi dan kesegaran bahan-bahannya. Mencegah pencernaanmu dari masalah berarti juga mencegah masuk angin menghampiri tubuhmu.

Dengan rutin minum Tolak Angin Cair juga menjadi salah satu usahamu menjaga kesehatan saat musim hujan loh. So, sudah sampai mana usahamu?