6 Manfaat Jahe

Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan telah lama dinobatkan sebagai cara untuk meminimalisir resiko berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan gaya hidup.

Selengkapnya

Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan telah lama dinobatkan sebagai cara untuk meminimalisir resiko berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan gaya hidup.

Namun, beberapa herba ternyata memiliki kebaikan yang lebih dominan dari herba lainnya. Salah satunya adalah jahe.
Riset menunjukkan jahe memiliki ratusan senyawa dan metabolit. Beberapa diantaranya berkontribusi menjaga kesehatan dan memiliki khasiat kesembuhan. Dari semua senyawa tersebut, gingerol dan shaogal adalah dua senyawa yang paling sering diteliti dan merupakan manfaat jahe yang paling utama.

Di Indonesia, sejak zaman nenek moyang kita, jahe yang berlimpah di tanah air ini sering digunakan sebagai obat masuk angin. Berikut ini adalah 6 manfaat jahe.

1. Pencernaan
Senyawa phenolic di dalam jahe terbukti mengatasi masalah pencernaan, merangsang air liur dan produksi empedu, serta mencegah kontraksi lambung ketika makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

2. Mual
Mengunyah jahe mentah atau meminum teh jahe lumrah digunakan di rumahan untuk mengatasi mual pada perawatan kanker. Walapun nggak bisa mencegah muntah pada saat mabuk laut atau mabuk di kendaraan, mengkonsumsi jahe mampu secara drastis mengurangi perasaan mual. Itu sebabnya Tolak Angin Cair mampu mengatasi mual, karena jahe menjadi salah satu bahan herbal dalam Tolak Angin Cair.

3. Mengurangi rasa sakit
Sebuah studi melibatkan 74 sukarelawan di Universitas Georgia menemukan jika jahe mampu mengurangi rasa sakit pada otot setelah latihan hingga 25 persen. Jahe juga berguna untuk mengatasai rasa sakit pada siklus menstruasi wanita.

4. Peradangan
Jahe telah lama digunakan untuk mengurangi peradangan dan perawatan pada berbagai jenis kondisi peradangan.

5. Kardiovaskular
Jahe juga amat disarankan untuk mengurangi kolestrol, mengurangi resiko penggumpalan darah, dan berguna untuk menjaga level gula darah yang sehat. Jahe terbukti dan digunakan sebagai bagian dari perawatan penyakit hati dan diabetes.

6. Mengurangi gejala flu, pilek dan mengatasi masuk angin
Saat cuaca dingin, meminum teh jahe merupakan salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Jahe memiliki properti diaporetik yang merangsang keringat, bekerja dari dalam tubuh untuk menghangatkan. Dan ingat juga untuk selalu minum Tolak Angin Cair bila merasakan gejala-gejala seperti ini ya.

Sudah tau manfaat dari jahe kan? Yuk konsumsi jahe demi kesehatan!