5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Musim hujan telah tiba begitu juga dengan serangan berbagai macam virus. Berikut ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi musim hujan .

Selengkapnya

Saat musim hujan telah tiba, tubuh akan sangat lambat menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca yang dingin. Tubuh membutuhkan proses untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Selama proses itu terjadi, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah dari biasanya.

Hal ini yang biasanya menjadi penyebab tubuh rentan terhadap berbagai serangan berbagai bakteri dan kuman. Dalam kondisi seperti ini tubuh membutuhkan perhatian dan penangan yang serius agar kondisi tidak semakin memburuk.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting karena saat tubuh lemah, banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan dengan maksimal bahkan tertunda. Bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat dan bugar di tengah kondisi yang tidak mendukung? Berikut ada 5 tips jaga kesehatan di musim hujan agar tidak gampang sakit:

Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat musim hujan tiba, cuaca akan menjadi dingin dan seringkali kamu merasa tidak haus. Hal ini tentu berbahaya jika kamu kekurangan cairan tubuh. Walaupun cuaca dingin, tubuh tetap memerlukan kadar cairan yang sama seperti saat musim panas.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh meminum hanya saat merasa haus saja. Usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan perharinya sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Jaga Asupan Makanan

Di musim hujan yang dingin ini paling enak mengonsumsi makanan yang hangat dan berkuah seperti sop atau soto. Suhu yang dingin akan membuat tubuh merasa cepat lapar. Jadi makanlah saat merasa lapar namun, dengan porsi yang sewajarnya, agar tidak terjadi peningkatan berat badan yang berlebihan.

Jaga Pola Tidur

Hujan menyebabkan badan merasa mengantuk dan ingin selalu berada di dalam selimut. Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, saat kamu merasa mengantuk, tidurlah sekitar 1 jam saja. Tubuh yang terlalu banyak tidur dapat berakibat lemas dan otot menjadi kaku. Namun, tidak disarankan juga untuk terjaga hingga larut malam karena dapat membuat tubuh kehilangan energi.

Gunakan Baju Hangat

Baju yang digunakan saat musim panas tentu tidak bisa disamakan dengan baju saat musim hujan. Baju hangat sangat dibutuhkan ketika berada di cuaca yang dingin untuk mencegah masuk angin. Gunakan baju yang lebih tebal dari biasanya agar badan tetap berada dalam kondisi hangat dan tidak kedinginan. Jangan lupa untuk selalu membawa payung atau jas hujan selama musim hujan ini.

Konsumsi Vitamin

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat sebaiknya kamu tidak lupa mengonsumsi vitamin yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran, kamu juga harus konsumsi vitamin, karena mampu menjaga kesehatan tubuh dan memastikan sistem imun dalam tubuh kita tetap kuat untuk melawan penyakit.

Selain itu, kamu dapat juga mengonsumsi Tolak Angin Cair yang mengandung 12 bahan herbal berkualitas. Dengan rutin meminum ini, kamu dapat terhindar dari berbagai gejala masuk angin seperti mual, kembung, lemas, badan meriang, pusing, demam, tenggorokan kering, badan terasa dingin, dan mata berair.

Tolak Angin cair juga mampu meningkatkan daya tahan tubuhmu dengan cara meminumnya secara rutin. Jangan lupa ikuti aturan pakai yang tertera di dalam kemasannya untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

Nah itu dia cara menjaga kesehatan di musim hujan yang dapat kamu lakukan. Selalu sediakan Tolak Angin cair di dalam tas kamu untuk menghadapi cuaca yang dingin selama musim hujan. Selamat mencoba.